Breaking News

TIM Kembali Dibuka, Ada Pameran Bulan Seni Rupa Lho!

Pengunjung pameran Bulan Seni Rupa di TIM. Foto :instagram @f_inara20

WELFARE.id-Kawasan Taman Ismail Marzuki (TIM) , Cikini, Jakarta Pusat kembali dibuka, Jumat (3/6/2022). Pada pembukaan pertama sejak 2019 direvitalisasi, pengunjung dapat menikmati pameran Bulan Seni Rupa yang diadakan para seniman di Jakarta selama sebulan penuh. 

Officer Communication dan Media PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Rama Arifiansyah mengatakan, pembukaan TIM dilakukan secara bertahap dalam tiga bulan. "Untuk bulan Juni ini kita akan ada Bulan Seni Rupa. Banyak karya seniman yang kita pajang di galeri seni dan galeri anex," ujarnya, dikutip Selasa (21/6/2022). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan budaya dan seni sebagai kehidupan bukan semata-mata untuk mencari penghidupan. ”Kita ingin budaya dan seni sebagai kehidupan bukan semata-mata penghidupan, tak sekadar mencari keuntungan. Karena itu pemerintah mengalokasikan anggaran yang cukup sehingga kegiatan seni dengan baik salah satunya di PKJTIM (Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki),” tulis Anies dalam laman Instagram @aniesbaswedan. 

”Kemarin membuka Bulan Seni Rupa 2022 yang ditandai dengan Pembukaan Pameran Koleksi dan Arsip Dewan Kesenian Jakarta sekaligus Peresmian Galeri Seni dan Annex Pusat Kesenian Jakarta TIM, di Selasar Galeri Seni, Taman Ismail Marzuki,” tambahnya.  

Anies menambahkan, revitalisasi TIM bukan sekadar merawat masa lalu, melainkan tentang masa depan. Kemudian, bukan hanya bangunan fisik, melainkan membangun ekosistem menumbuhkan seni budaya. 

"Revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM) bukan hanya merawat masa lalu, tetapi juga tentang masa depan. Bukan tentang bangunan fisik saja, ini tentang membangun ekosistem di mana kegiatan seni budaya bisa tumbuh berkembang. Kita ingin TIM menjadi pusat kesenian serta kebudayaan nasional dan dunia," imbuhnya. 

Anies mengucap syukur revitalisasi TIM segera rampung 100 persen dan kembali menjadi pusat kesenian di Jakarta. ”Setelah pada 2018 ground breaking dilakukan, di tengah jalan pandemi menerpa, tetapi ikhtiar tetap dijalankan dan Alhamdulillah kini fasilitas yang kita bangun itu mulai bisa digunakan, berkat izin Allah SWT secara setahap demi setahap tuntas,” ujarnya. 

Sebagai informasi, sejak berdiri pada November 1968, PKJTIM terus menjadi tempat di mana karya seni di Jakarta dan nasional ditumbuhkembangkan. 

PKJTIM juga melahirkan dan nama-nama seniman besar yang diingat sebagai pribadi fenomenal mulai dari Sardono W. Kusumo, W.S. Rendra, Arifin, Farida Utoyo, Afandi dan lainnya sebagainya.Bulan Seni Rupa TIM berlangsung hingga 30 Juni 2022. 

Untuk pameran Bulan Seni Rupa dibuka untuk umum dan digelar di dua lantai dan tiga tempat yakni lantai 1 dan 2 gedung panjang, galeri anex. Besok berlangsung mulai pukul 09.00 -19.00 WIB dan biaya masuk gratis. 

Tak berhenti sampai disitu, pada Juli 2022 TIM akan menggelar Bulan Sastra dengan mulai membuka perpustakaan dan PDS HB Jassin. Pada Agustus, TIM akan membuka planetarium. (tim redaksi) 

#tamanismailmarzuki
#tim
#cikini
#bulansenirupa
#pameranseni

Tidak ada komentar