Breaking News

Ternyata Waktu Olahraga Efektif untuk Wanita dan Pria Berbeda, Begini Hasil Penelitiannya

Olahraga yang tepat akan membuat tubuh bugar dan sehat. Foto: AFP

WELFARE.id-Penelitian terbaru menyebutkan kalau manfaat olahraga ternyata tergantung kapan aktivitas itu dilakukan. Bahkan, sebuah penelitian yang dipublikasikan Frontiers in Physiology, ditemukan bahwa efektivitas olahraga ternyata tergantung dari jenis kelamin.

Penelitan itu menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari yang dilakukan seorang wanita dapat membantu mengurangi total lemak tubuh, lemak perut, serta pinggul, dan menstabilkan tekanan darah.

Sementara para pria akan mendapatkan manfaat yang lebih baik saat melakukan olahraga pada malam hari.
Pasalnya, pria yang berolahraga pada malam hari menunjukkan penurunan rasio total terhadap kolesterol HDL, tekanan darah, rasio pertukaran pernapasan, dan oksidasi karbohidrat, karena lemak menjadi sumber bahan bakar yang disukai.

"Penelitian kami menemukan, bagi wanita melakukan olahraga di pagi hari mengurangi lemak perut dan tekanan darah, sedangkan olahraga malam pada wanita meningkatkan kekuatan otot tubuh bagian atas, kekuatan dan daya tahan, serta meningkatkan mood dan rasa kenyang nutrisi secara keseluruhan," ujar Dr. Paul J Arciero, Profesor di Departemen Ilmu Kesehatan dan Fisiologi Manusia di Skidmore College di New York, AS.

Sedangkan untuk pria, ujar Arciero juga, penelitiannya juga menemukan bahwa untuk pria, olahraga malam menurunkan tekanan darah, risiko penyakit jantung, dan perasaan lelah, serta membakar lebih banyak lemak, dibandingkan dengan olahraga pagi hari.

Penelitian itu diikuti oleh 30 wanita dan 26 pria yang berusia antara 25-55 tahun dengan kondisi sehat, sangat aktif, bukan perokok, dan dengan berat badan normal. 
Mereka dilatih berolahraga selama 12 minggu pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Para peneliti menemukan bahwa selama percobaan, semua peserta mengalami peningkatan dalam kesehatan dan kinerja secara keseluruhan, terlepas dari alokasi mereka untuk olahraga pada pagi atau sore hari.

”Studi kami dengan jelas menunjukkan manfaat dari latihan multimodal pagi dan sore hari untuk meningkatkan kesehatan kardiometabolik dan suasana hati, serta hasil kinerja fisik pada wanita dan pria," kata Arciero juga.

Tetapi yang terpenting, para peneliti juga menemukan bahwa waktu olahraga menentukan kekuatan peningkatan kinerja fisik, komposisi tubuh, kesehatan kardiometabolik, dan suasana hati.

"Berdasarkan temuan kami, wanita yang tertarik untuk mengurangi lemak perut dan tekanan darah, sementara pada saat yang sama meningkatkan kekuatan otot kaki harus mempertimbangkan untuk berolahraga di pagi hari," katanya juga. 

Namun, wanita yang tertarik untuk mendapatkan kekuatan fisik, kekuatan dan daya tahan otot tubuh bagian atas, serta meningkatkan keadaan suasana hati dan asupan makanan secara keseluruhan, olahraga malam adalah pilihan yang terbaik. 

 Sebaliknya, olahraga malam sangat ideal untuk pria yang tertarik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan metabolisme, serta mengontrol emosionalnya. (tim redaksi)


#penelitian
#olahraga
#tubuhsehat
#manfaatbagitubuh
#frontiersinphysiology
#departemenilmukesehatandanfisiologimanusia
#skidmorecollege 
#drpauljarciero

Tidak ada komentar