Breaking News

Tata Kawasan Pecinan Suryakencana, Wali Kota Bogor: Chinatown Berkarakter Bogor

Gerbang masuk kawasan pecinan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat. Foto: net

WELFARE.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor terus berbenah mempercantik wilayahnya. Terbaru, Pemkot Bogor bersama Grab Indonesia menandatangani perjanjian kerja sama penataan kawasan Suryakencana. 

Dalam perjanjian tersebut kedua pihak sepakat bekerjasama menata kawasan Suryakencana, diantaranya meliputi penataan Jalan Rangga Gading seperti pembuatan kios, mural tematik dan gapura serta lainnya. 

Dalam pemaparannya, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto menyampaikan detail penataan atau revitalisasi dan background kawasan Suryakencana. Menurutnya karakter yang dimiliki Kota Bogor harus dikuatkan, salah satunya adalah kawasan Suryakencana

”Ikhtiar kami dalam delapan tahun terakhir adalah menguatkan karakter Kota Bogor yang tidak dimiliki kota lainnya. Kota berkarakter memiliki identitas atau pembeda, otomatis roda ekonominya akan berputar,” terangnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/6/2022).

Menurut Bima Arya juga, Suryakencana yang tengah ditata akan menjadi kawasan Chinatown atau Pecinan yang berbeda dibanding kawasan serupa di daerah lain atau negara lain.  

Di kawasan Suryakencana nanti nuansa Pecinan lebih beragam, secara kultur lebih kuat dan terintegrasi. Sehingga sejarah dan cerita kebersamaan yang ada menjadi sesuatu yang bernilai.

Politisi PAN ini juga menjelaskan, penataan dan revitalisasi yang dilaksanakan Pemkot Bogor bertujuan untuk lebih menghidupkan kawasan pecinan ini termasuk menghadapi beberapa persoalan yang terus diselesaikan. 

Yakni, melalui kolaborasi dan sinergi antar perangkat daerah maupun dengan sektor swasta. 

”Kita ingin agar maksimal di situ dan kita harus mengatur di kawasan Suryakencana operasionalnya sampai jam berapa. Tinggal PR kita adalah membuat regulasinya yang mengatur terkait kebersihan, pajaknya bagaimana, kemudahannya apa dan memastikan parkirnya tidak bermasalah. PR yang utama di Kota Bogor adalah parkir,” jelas Bima Arya lagi.

Untuk pengawasan dan pengamanan kawasan Suryakencana, Bima Arya mengaku akan memberdayakan dan melibatkan warga sekitar melalui satu sistem yang dibangun, yakni Punggawa Surken. 

Warga Suryakencana yang tergabung dalam Punggawa Surken akan dibagi dalam beberapa blok. ”Dari warga, oleh warga dan untuk warga. Jadi warga yang mengelola karena kita menyadari personel Satpol PP yang dimiliki Kota Bogor jumlahnya terbatas,” tandasnya. (tim redaksi)

#kotabogor
#pemkotbogor
#penataanwilayah
#kawasansuryakencana
#chinatown
#pecinan
#walikotabogor
#bimaaryasugiarto

Tidak ada komentar