Breaking News

Tampilkan Adegan LGBT, Film Disney Lightyear Dilarang Tayang di 14 Negara

Poster film Lightyear. Foto : dok disney pixar

WELFARE.id-Film Disney-Pixar "Lightyear" dilaporkan telah dilarang di 14 negara karena menampilkan adegan "LGBT" yakni ciuman sesama jenis. 

Film animasi tersebut dilarang oleh Uni Emirat Arab karena melanggar standar media negara tersebut. "Lightyear" dijadwalkan rilis pada Kamis (16/6/2022). Film besutan Walt Disney itu bahkan disebut tak tayang di Tiongkok, pasar film terbesar di dunia. 

Dilarang di sejumlah negara, Lightyear dianggap mengkampanyekan LGBTQ dalam filmnya. Ada adegan yang menampilkan sesama perempuan tengah berciuman. Tiongkok sempat bersedia menayangkan Lightyear dengan syarat memotong adegan kontroversial tersebut. Namun Disney menolak.  

Di kawasan Asia Barat, film tentang atau berisi seks, homoseksualitas dan isu-isu agama akan dipotong untuk mematuhi aturan sensor. Dalam hal ini Disney tidak mau atau tidak dapat melakukan pengeditan yang diminta oleh sensor lokal. 

Pelarangan juga terjadi di negara Arab lain seperti Kuwait dan Arab Saudi. Penyensoran di Arab Saudi baru-baru ini juga membuat penonton di negara tersebut tidak bisa menonton Doctor Strange in the Multiverse of Madness karena dimasukkannya karakter gay. 

Dilansir Variety, Lightyear tak mengajukan perizinan ke lembaga sensor Arab Saudi hingga kini. Malaysia, Mesir, Lebanon hingga Indonesia juga dikabarkan menolak penayangan Lightyear di bioskop mereka, meski belum ada pernyataan resmi. 

Lembaga sensor film Malaysia (LPF) dikabarkan sempat meminta Disney mengedit bagian yang dianggap mengampanyekan LGBT. Sebelum melarang Lightyear, Malaysia LPF telah melarang Rocketman, film biografi Elton John yang dibintangi Taron Egerton dan Fantastic Beasts: Secrets of Dumbledore karena alur cerita yang berbau LGBT. 

Sementara itu, Indonesia belum mengeluarkan pengumuman resmi soal izin tayang film Lightyear di bioskop Tanah Air. 

Sebagai informasi, Lightyear merupakan spin-off dari Toy Story. Spin-off ini berfokus pada karakter Buzz Lightyear yang selalu percaya bahwa ia benar-benar seorang space ranger. 

Dalam Lightyear, Buzz akhirnya menjadi seorang space ranger sesungguhnya. Dia yang tinggal di luar Bumi menjalankan misi untuk melawan alien. Chris Evans dipercaya untuk mengisi suara Buzz Lightyear, menggantikan pengisi suara orisinalnya, Tim Allen. 

Chris Evans menilai keberatan terhadap penayangan Lightyear karena konten LGBT membuat frustrasi. Dia menilai komunitas perlu membuat langkah maju dalam kapasitas inklusi sosial. "Membuat frustrasi bahwa masih ada tempat yang tidak begitu," kata Chris. 

Pada pemutaran perdana film tersebut di London pada hari Senin, Produser Galyn Susman mengatakan bahwa Disney tidak akan memotong apapun dari film. "Terutama sesuatu yang penting seperti hubungan cinta dan inspirasional yang menunjukkan Buzz apa yang dia lewatkan dengan pilihan yang dia buat," ucap dia. 

"Lightyear" diharapkan menjadi daya tarik utama bagi Disney, dengan analis memperkirakan film itu bisa menghasilkan pendapatan kotor lebih dari 82 juta pound di akhir pekan pertama. (tim redaksi) 

#film
#disney
#pixar
#lgbt
#lightyear
#filmhollywood

Tidak ada komentar