Breaking News

Tampilkan 52 Galeri Seni, Art Moments Jakarta Kembali Digelar

Art Moments Jakarta kembali digelar mulai 9 Juni mendatang di Art:1 New Museum. Foto : welfare.id / Dewi Maryani

WELFARE.id-Art Moments Jakarta kembali dihelat setelah dua gelaran pada tahun 2021 lalu. Kali ini, pameran akan digelar secara hybrid, memadukan kegiatan luring dan daring. Yakni pada 9-12 Juni 2022 di Art:1 New Museum dan secara daring dapat diakses melalui kanal www.artmomentsjakarta.com hingga 31 Agustus 2022. 

Fair Director dan Co-Founder Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja menjelaskan, Art Moments Jakarta tahun ini mengusung tema "Continuance Wave", istilah yang menggambarkan dinamika perkembangan seni rupa yang semakin kompleks belakangan ini. 

"Tema ini juga menggambarkan peran Art Moments Jakarta sebagai bagian dari upaya pemajuan seni rupa di tanah air. Maret 2022, kami kehilangan sahabat kami yang juga founder dari Art Moments Jakarta, kami ingin meneruskan warisan ini yang sudah berdiri sejak tahun 2018 dengan didukung tim yang berpengalaman di bidangnya," ungkapnya, saat jumpa pers di The Hermitage, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (1/6/2022). 

Sendy mengatakan, karya seni rupa yang kini telah umum dikenal masyarakat tak lagi terbatas dalam format konvensional sebagai karya lukis di kanvas atau patung saja. 

Perkembangan seni rupa kontemporer telah menunjukkan hasil-hasil penciptaan seni rupa modern, di antaranya karya-karya fotografi, video art, objek, karya instalasi, bahkan kini ekspresi karya-karya dengan karakter medium yang bersifat digital serta virtual. 

Karena itu, Art Moments Jakarta menjadi ruang atau platform untuk memamerkan segala dinamika perkembangan seni rupa baru tersebut. Bursa seni rupa ini diharapkan membuka ruang interaksi yang lebih intens bagi seniman dan kolektor lintas wilayah.

“Platform ini adalah untuk mengangkat nama seniman dan galeri-galeri Indonesia ke kancah internasional, dan juga galeri-galeri internasional juga lebih dikenal oleh kolektor-kolektor Indonesia,” tambahnya. 

Senada, kurator Art Moments Jakarta, Rizki Akhmad Zaelani menjelaskan bahwa pameran ini nantinya akan menyorot lebih intens pada soal fenomena baru karya seni. Pameran ini mengakomodir berbagai eksplorasi seni rupa, mulai dari seni rupa dua dimensi, tiga dimensi hingga yang hadir dalam format digital. 

"Sekarang yang mau di-highlight adalah kita masuk ke era baru, ada NFT. Sekarang ini ada seni digital yang virtual, sekarang mau dipamerin juga yang aktual, yang 3D. Jadi ada juga karya dari virtual, lalu dibuat juga bentuk aktualnya. Misal dari digital art, lalu dibuat patungnya," terangnya. 

Gelaran yang mendapat dukungan dari Kemenparekraf ini, menampilkan lebih 1.200 karya seni dari 52 galeri seni Indonesia dan mancanegara. Pameran luring dimulai pada 9 Juni untuk undangan dan tamu VIP, publik baru bisa menyambangi Art:1 New Museum pada 10 hingga 12 Juni dengan tiket Rp 60 ribu per orang. 

Tak hanya pameran, kegiatan ini akan menghadirkan acara-acara spesial yang melibatkan sejumlah seniman populer. Di antaranya yaitu workshop bersama seniman visual asal Bali, I Made Bayak, dengan praktik mengubah sampah plastik menjadi karya seni.  

Kemudian ada pula presentasi informatif “Pirous & Post-War Indonesian Art” oleh seniman Wang Zineng, hingga Party at The Museum dengan tema “Street Style”, berupa peragaan busana. 

Art Moments Jakarta kali ini turut menghadirkan tiga seniman utama, yakni Nus Salomo, Kong Andri, dan Mira Hoeng. Nus akan menyuguhkan karya-karya patung buatannya dengan tema "Indonesia’s Endemic Animal" yang diusung oleh Museum of Toys. 

Kong Andri, seniman yang mengawali karirnya sebagai desainer grafis akan menghadirkan Living in The Moment dari koleksi The Owange Team, karya seni buatannya yang terinspirasi dari collectible toys. 

Sementara Mira Hoeng akan diusung oleh Art:1 Museum untuk menampilkan karya-karya penuh warna terbarunya. Mira menuangkan seni dalam bentuk yang berbeda yakni tekstil art. 

"Kali ini temanya bagaimana kita sebagai manusia bermutasi dalam diri beradaptasi dengan new normal ini. Dan masih menggunakan warna-warna ngejreng sesuai identitas aku," katanya. (tim redaksi

#artmomentsjakarta
#artmomentsjakarta2022
#pameranseni
#art
#seni
#senirupa

Tidak ada komentar