Breaking News

Suka Minum Kopi Sachet? Ini Bahaya yang Siap Mengintai

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id-Kopi sachet memiliki banyak penggemar di kalangan masyarakat Indonesia. Ini dibuktikan dengan persaingan pasar untuk minuman kopi semakin ketat sering dengan masuknya berbagai varian segmen kopi baru seperti produk kopi dalam kemasan botol atau ready to drink (RTP). 

Meski demikian, segmen kopi baru tersebut dinilai masih belum bisa menggeser dominasi segmen kopi sachet di pasaran. "Kalau sementara saya lihat masih sachet yang terbesar," Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman. 

Popularitas kopi sachet didorong oleh banyaknya varian produk-produk kopi sachet yang ditawarkan oleh produsen. Adhi menjelaskan, populasi masyarakat Indonesia masih didominasi oleh penduduk usia produktif dengan komposisi hampir mencapai 60 persen dari total penduduk. 

Namun, dibalik kenikmatan secangkir kopi sachet, ada bahaya yang mengintai. Dokter umum Syara Marsya, S.Ked menyarankan untuk tidak sering mengonsumsi kopi sachet. "Ada banyak penyakit yang timbul karena berlebihan menyeruput kopi instan. Salah satunya adalah obesitas. Karena kopi sachet memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tinggi," ujarnya. 

Akibatnya, mengonsumsi kopi sachet secara berlebihan bisa meningkatkan berat badan. Tak hanya obesitas, kopi sachet bahkan bisa meningkatkan risiko diabetes. "Hal itu bisa makin parah kalau seseorang tidak mengimbanginya dengan olahraga dan pola makan sehat," katanya. 

Oleh karena itu, dia menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi instan secara berlebihan. Syara mengatakan sebaiknya mengonsumsi kopi yang digiling langsung dari biji dan menambahkan gula dengan takaran sendiri. "Gulanya juga tidak boleh berlebihan, karena akan menimbulkan penyakit lain," imbuhnya. 

Berikut adalah sejumlah masalah kesehatan yang mengancam jika kamu doyan minum kopi sachet instan: 

1. Meningkatkan risiko kanker 

Akrilamida adalah bahan kimia yang terbentuk saat biji kopi dipanggang. Menariknya, kopi instan cenderung mengandung akrilamida dua kali lebih banyak daripada kopi yang diseduh dalam kondisi fresh. Paparan akrilamida yang berlebihan dapat merusak sistem saraf dan meningkatkan risiko kanker. 

2. Kolesterol 

Krimer dalam kopi juga bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Ini karena krimer mengandung lemak trans yang tidak sehat. Lemak trans meningkatkan peluang Anda mengalami kolesterol jahat yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke. 

3. Memicu Adrenalin 

Banyak orang merasa lebih bersemangat setelah minum kopi, padahal efek tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan organ tubuh seperti ginjal dan jantung. Meningkatnya adrenalin akan membuat kinerja jantung dan ginjal menjadi lebih keras. 

4. Obesitas 

Minum kopi instan bisa berbahaya, karena memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, mengonsumsi kopi instan terlalu sering dapat menyebabkan peningkatan berat badan akibat kadar gula yang berlebihan. 

Peningkatan kadar gula darah yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan, terutama apabila tidak melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat. Pada akhirnya, hal tersebut bisa mengakibatkan obesitas. 

5. Picu diabetes 

Bagi Anda yang gemar minum kopi susu sachet, bahaya yang satu ini juga perlu diperhatikan. Sebab, kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes tipe 2. 

Kandungan gula yang tinggi di dalam kopi instan, jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari, akan menyebabkan kadar gula darah yang tinggi. Apabila disertai gaya hidup tidak sehat seperti tidak berolahraga atau kurang gerak, hal ini akan sangat berpotensi menimbulkan diabetes pada kemudian hari. 

6. Perubahan mood 

Kandungan gula darah yang meningkat dalam tubuh dapat membuat seseorang lebih terjaga dan meningkatkan mood. Sayangnya, peningkatan ini bersifat sementara. Ketika gula darah meningkat dengan cepat dan kembali turun, hal ini akan mencetuskan mood swing. Beberapa studi menemukan, kandungan gula dalam minuman instant yang rutin dikonsumsi seperti kopi dapat mengganggu regulasi gula darah dalam tubuh. 

7. Meningkatkan Risiko Hipertensi 

Salah satu bahaya konsumsi kopi sachet terlalu sering adalah bisa meningkatkan risiko hipertensi. Peningkatan LDL dapat menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah. Penumpukan pembuluh darah ini akan membuat plak yang dapat menghambat aliran darah. Alhasil, tekanan darah pun akan mengalami peningkatan. (tim redaksi) 

#kesehatan
#kopi
#kopisachet
#bahayakopisachet
#minumkopi
#ngopi

Tidak ada komentar