Breaking News

Stop Main HP Sebelum Tidur! Bisa Kena Insomnia, Mudah Lelah, hingga Gampang Marah

Main hp sebelum tidur. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kebiasaan main handphone (HP) bisa membuat kecanduan. Bahkan, sebelum tidur seringkali kita sulit melepaskan diri dari hp.

Berharap bisa merasa cepat ngantuk jika diselingi main HP, ternyata lebih banyak mudarat daripada manfaat bermain ponsel sebelum tidur. Kebiasaan rutin bermain ponsel sebelum tidur berisiko bagi kesehatan.

Selain menurunkan kualitas tidur dan merusak mata, berikut ini dampak buruk bermain hp sebelum tidur bagi kesehatan organ tubuh:

1. Menunda waktu tidur

Kebiasaan main HP sebelum tidur bisa jadi penyebab selalu gagal untuk tidur lebih awal. Karena kebiasaan ini merangsang otak sehingga tidak bisa tenang sebelum tidur. 

Waktu tidur pun jadi tertunda dari yang direncanakan. Jika kebiasaan ini terjadi berulang-ulang, maka waktu tidur akan berkurang sehingga kualitas tidur ikut menurun.

2. Menghambat fase rapid eye movement (REM) saat tidur

Rapid eye movement (REM) merupakan fase tidur yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas otak, pergerakan mata, dan detak jantung. Pada fase inilah dapat tertidur lelap dan bermimpi.

Fase REM biasanya dimulai sekitar 90 menit setelah tertidur. Sayangnya, pikiran yang terganggu karena terlalu sering main HP sebelum tidur bisa menghambat fase REM. Akibatnya, seseorang akan lebih sulit untuk tidur nyenyak.

3. Menurunkan konsentrasi dan fokus

Kualitas tidur yang buruk akibat main HP sebelum tidur juga dapat menurunkan fokus, konsentrasi, daya ingat, hingga daya pikir. Lama-kelamaan, pikiran akan mudah berkabut sehingga lebih sulit untuk mengambil keputusan.

4. Membuat lelah saat bangun tidur

Main HP sebelum tidur memang tidak menimbulkan bahaya langsung bagi kesehatan. Namun, dalam jangka panjang, kualitas tidur yang menurun dapat membuat lelah setiap bangun tidur. Bahkan bisa menekan energi untuk beraktivitas dan lebih mudah mengantuk pada siang hari.

5. Membuat otak terus aktif dan waspada

Otak telah bekerja selama seharian penuh dan waktu tidur semestinya menjadi momen bagi otak untuk beristirahat. Namun, main HP sebelum tidur justru merangsang otak sehingga tetap terjaga dan waspada. 

Bahkan, otak akan aktif meskipun hanya bermain HP sebentar. Baik itu membuka media sosial, menonton video, atau sekadar membalas chat. Semua yang dilakukan dengan HP justru akan membuat susah tidur.

6. Mengganggu pikiran dan emosi

Ada satu bahaya main HP sebelum tidur yang tak banyak disadari, yakni terganggunya pikiran dan emosi. Kebiasaan ini bisa memicu kecemasan sebelum tidur.

Pikiran bisa terganggu ketika membuka media sosial dan menemukan sesuatu yang membuat sedih, marah, atau tidak nyaman. Tidur dekat ponsel juga membuat untuk mudah teralihkan, entah oleh bunyi notifikasi, musik yang terhenti, atau karena sebab lain.

7. Paparan cahaya biru menurunkan melatonin

Salah satu bahaya dari main HP sebelum tidur ialah menurunnya melatonin. Melatonin adalah hormon yang otak hasilkan saat kondisi gelap.

Melatonin membantu mengatur ritme sirkadian, termasuk mekanisme tidur dan bangun. Ketika bermain HP sebelum tidur, otak menganggap cahaya biru dari HP sebagai cahaya pada siang hari.

Akibatnya, kadar melatonin menurun sehingga menjadi penyebab insomnia, gangguan mood, dan menurunnya kualitas tidur. Untuk mengindari dampak tersebut, pemakaian HP bisa dikurangin sekitar 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. (tim redaksi)

#bahayamainhpsebelumtidur
#dampakburukmainhpsebelumtidur
#menurunkankualitastidur
#pemakaianhpsebelumtidur
#insomnia
#gangguantidur
#mudahlelah
#paparansinarbiruhp

Tidak ada komentar