Breaking News

Stok Banyak, Kenapa Harga Cabai Masih Mahal

Harga cabai di warung Rp10 ribu per bungkus.  Foto : welfare.id / Dewi Maryani

WELFARE id-Hingga hari ini, Selasa (22/6/2022) harga cabai di pasaran masih tinggi. "Saya beli di warung sudah dibungkus-bungkusin. Harganya Rp10 ribu per bungkus," ujar Tati, ibu rumah tangga di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. 

Meski mahal, Tati memilih tetap membeli cabai tersebut. "Ya mau bagaimana lagi. Kalau masak nggak pakai cabai kan nggak enak," tukasnya. 

Ibu tiga anak ini pun berharap agar pemerintah bisa mengatur harga cabai sehingga bisa kembali normal. 

Terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terheran-heran dengan harga cabai rawit yang melonjak tinggi, tembus Rp120 ribu per kg. Padahal pasokan cabai rawit tergolong mencukupi. 

Pada Minggu (19/6/2022) lalu, Syahrul terpantau mengunjungi lokasi pelaksanaan acara Gelar Bawang Merah dan Cabai Murah di kawasan Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) Ragunan. 

Saat kunjungan ia bertanya kepada Ketua Korporasi Petani Temanggung-Wonosobo Andi soal pasokan dan stok cabai. Pertanyaan itu dijawab Andi dengan menyatakan stok cabai dan bawang merah aman. "Stok aman pak," ujar Andi. 

Namun, saat ditanya oleh Syahrul mengapa harga cabai begitu mahal di Jakarta, ia mengaku tak tahu mengenai alasannya. "Lah kok nyampe sini harganya jadi mahal?" ujar Syahrul, kebingungan mendengar jawaban Andi. 

Andi menambahkan memang betul kondisi cuaca saat ini terbilang ekstrem dengan curah hujan yang tinggi. 

Meski begitu, hal itu tidak terlalu mengganggu produksi cabai di wilayah atas, berbeda dengan di wilayah bawah yang terkena permasalahan seperti serangan organisme pengganggu tanaman (OPT). "Di sini saya membawa 3 jenis, ada cabai rentul (rawit) merah, cabai mana (besar) merah dan cabai keriting. Dimintanya bawa 1,5 ton, tapi ya 1,2 ton ini sudah yang terbaik yang bisa kami berikan dengan waktu yang mepet ya," ujar Andi. 

Mengutip hargapangan.id, untuk DKI Jakarta per hari ini harga cabai rawit merah terpantau di angka Rp118.350 per kg, cabai merah kriting Rp93.350, cabai rawit hijau Rp80 ribu. Sedangkan harga daging sapi tembus Rp151.400 dan telur Rp28.650 per kg. (tim redaksi) 

#cabai
#hargacabai
#cabaimahal
#mentan
#sembako

Tidak ada komentar