Breaking News

Sobat Misqueen, Ini Dia Tips Menabung Biar Cepat Kaya

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id-Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan pepatah sedikit-sedikit, lama-lama menjadi bukit. Pepatah yang sering digaungkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar ini sebenarnya punya makna yang luar biasa lho! 

Makna dari pepatah itu adalah usaha yang dilakukan pantang menyerah akan membuahkan hasil yang baik. Ya! Pepatah itu tentunya bisa jadi motivasi untuk melakukan segala sesuatu, menabung misalnya. 

Tidak apa-apa walaupun setiap hari menabung dalam jumlah kecil. Karena lama-lama hasilnya juga akan menggemberikan, sehingga akan cukup untuk membeli sesuatu yang diinginkan. 

Sayangnya, godaan saat ini begitu besar. Aneka jajanan kekinian, ditambah beragam diskon dari aplikasi, membuat jiwa konsumtif meronta-ronta. Belum lagi kebutuhan leisure dan healing lainnya. 

Nah, buat kamu yang merasa susah banget buat nabung, jangan langsung putus asa dan jangan terlena untuk menghabiskan uangmu begitu saja! Coba lakukan tips berikut ini, agar nantinya bisa beli apapun yang kamu mau. 

1. Punya Target dan Motivasi 

Tips yang pertama, kamu harus memiliki target dan motivasi. Misalnya, kamu harus menargetkan dalam sebulan kamu bisa mengumpulkan uang sekian rupiah. Diiringi dengan motivasi misalnya dalam waktu tiga bulan, kamu bisa membeli barang yang kamu inginkan. 

Kamu bisa membuat animasi, catatan atau bentuk gambar apapun untuk mengingatkanmu dengan target yang harus kamu capai. Bahkan, kamu bisa membeli celengan yang lucu agar kamu merasa semangat dan termotivasi untuk menabung. 

Dengan mengingat target dan motivasimu, kamu akan terpicu untuk berhemat dan membelanjakan uang dengan bijak. Dengan begitu akan selalu tersisa uang yang bisa kamu tabung dan kumpulkan. 

2. Hemat Pengeluaran dan Alokasikan Dana untuk Investasi 

Jangan boros-boros. Kamu harus berhemat. Memang, berhemat bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu memiliki uang yang sekadar cukup untuk kebutuhan hidup. Pasti harus putar otak sana-sini agar ada uang sisa. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengatur keuangan dengan membelanjakannya untuk hal-hal yang memang kamu butuhkan, bukan sekadar untuk menuruti keinginan atau menuruti nafsu makan. 

Menuruti nafsu makan untuk jajan ini dan itu, bisa mengeluarkan banyak uang. Padahal hakikatnya manusia membutuhkan makan untuk bertahan hidup, bukan untuk menuruti keinginan makan makanan yang sedang viral. 

Jajan adalah salah satu pengeluaran yang tidak disadari. Untuk menghemat uang, kamu bisa mengurangi jajan atau memilih untuk membuat camilan sendiri. Jangan lupa uang yang berhasil dihemat dialokasikan dan dikembangkan dalam jumlah lebih banyak. Hasilnya pun bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan atau disimpan sebagai tabungan. 

3. Cari Penghasilan Tambahan 

Kamu harus mencari penghasilan tambahan. Jika dirasa penghasilan yang kamu miliki benar-benar tidak cukup untuk menabung, kamu bisa mencari penghasilan tambahan untuk menutupnya.  

Adanya penghasilan tambahan sangat berguna untuk membantu mencukupi kebutuhan dan menambah tabunganmu. Memang mencari penghasilan tambahan bukanlah perkara mudah bagi kamu yang bekerja full-time dan harus mengemban tanggung jawab di kantor yang tidak bisa ditinggalkan. 

Namun, bukan berarti tidak ada jalan. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan melalui bisnis atau kegiatan sampingan yang mendatangkan cuan. Misalnya, menjadi dropshipper atau reseller. Dengan menjadi dropshipper kamu bisa menjual berbagai barang supplier tanpa harus punya stok terlebih dahulu. 

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan berinvestasi di trading forex, tabungan deposito, saham, reksa dana dan lain-lain. Terlebih, saat ini sudah banyak platform investasi online yang bisa diunduh di smartphone. Namun, jangan sembarangan investasi yah! Kamu perlu mengenal betul jenis investasi yang dipilih dan bagaimana cara kerjanya agar mendapatkan untung. 

4. Konsisten 

Tips yang keempat, kamu harus menabung dengan konsisten. Misalnya dengan menabung dua ribu rupiah setiap hari. Dengan begitu kamu akan lebih cepat mencapai target. Menabung dengan konsisten memang sulit, karena terkadang merasa malas, lupa sampai uangnya terpakai. Padahal, segala sesuatu itu harus dibiasakan sehingga akan terbiasa. 

5. Pisahkan Rekening Tabungan 

Cara menabung yang baik dan efektif selanjutnya yaitu dengan membuka rekening tabungan secara terpisah. Kamu perlu memisahkan rekening transaksi yang biasa digunakan sehari-hari dengan rekening tabungan. 

Jika tidak, maka kamu bisa saja menggunakan uang tabungan tanpa dasar karena tidak mengetahui secara pasti nominal uang yang ditabung dan uang untuk keperluan transaksi. 

Untuk membuat rekening secara terpisah, kamu bisa memilih rekening tabungan secara khusus. Biasanya rekening untuk tabungan bisa memberi benefit lebih tinggi dibandingkan rekening biasa. 

6. Jangan berhutang 

Memang tidak ada salahnya dengan meminjam uang. Namun, yang salah adalah berutang tanpa rencana matang dan demi memenuhi hal yang sebetulnya tidak penting. 

Terkadang godaan datang untuk berutang padahal barang yang akan dibeli bukanlah kebutuhan. Misalnya, kredit handphone terbaru padahal yang lama masih bisa digunakan dengan baik. Jangan pula tergoda dengan pinjol atau paylater. (tim redaksi

#tips
#tipsmenabung
#carabiarcepatkaya
#lifestyle
#menabung

Tidak ada komentar