Breaking News

Shin Tae Yong Effect Mulai Terasa, Rangking Indonesia di FIFA Melejit

Pelatih Timnas Shin Tae Yong. Foto: Istimewa/ Antara

WELFARE.id-Pelatih tim nasional sepakbola Indonesia, Shin Tae Yong membuktikan dirinya masih layak memegang tambuk jabatan Timnas senior. 

Pasalnya, strategi apiknya kembali menelurkan kemenangan, ketika Indonesia berhasil mencukur habis Nepal 7-0 di laga penyisihan grup kualifikasi Piala Asia 2023.

Prestasi itu luar biasa. Sebab, Indonesia harus menunggu 15 tahun untuk bisa masuk ke kompetisi Piala Asia.

Rencana Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan untuk menggeser Shin Tae Yong dari tim senior ke pelatih tim U-20 sepertinya harus kandas. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut rencana ini untuk memudahkan pelatih asal Korea Selatan tersebut agar tak keteteran.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae Yong tak hanya menjabat sebagai pelatih tim senior, melainkan juga tim U-23 dan U-20 atau U-19. Rencana itu hadir selepas Timnas Indonesia ditahan imbang Bangladesh dan hanya meraih medali perunggu di ajang SEA Games 2021 lalu.

Bahkan, Iwan Bule berencana mendiskusikan hal tersebut bersama Shin Tae Yong setelah pelatih berusia 51 tahun itu pulang dari Kuwait. Namun rencana yang baru sekadar wacana ini, mendapat penolakan dari netizen, terutama para pendukung Timnas Indonesia.

Netizen merasa Timnas Indonesia mengalami progres signifikan di bawah arahan Shin Tae Yong selama kurun waktu satu tahun terakhir. Dalam setahun terakhir atau terhitung sejak Juni 2021, Shin Tae Yong berhasil menaikkan ranking FIFA Timnas Indonesia hingga naik 20 peringkat.

Saat memimpin Timnas Indonesia di laga resmi terhitung pada September 2021, Timnas Indonesia berada di ranking ke-175 FIFA. Pelan tapi pasti, pelatih asal Korea Selatan itu berhasil mengatrol ranking Timnas Indonesia, dengan naik 10 peringkat ke posisi 165 usai mengalahkan Taiwan dua leg.

Posisi ini makin naik ke peringkat 161 usai Timnas Indonesia meraih kemenangan di ajang Piala AFF 2020 dan menjadi Runner Up. Kemudian, peringkat Timnas Indonesia naik ke peringkat 160 usai mengandaskan Timor Leste, dan berhasil menyentuh peringkat ke-155 usai menjalani babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. (tim redaksi)

#pialaasia2023
#timnasindonesia
#shintaeyong
#skuadgaruda
#rangkingfifa
#ketumpssi
#sepakbola

Tidak ada komentar