Breaking News

Selundupkan Artefak Kuno dari Irak, WN Inggris Divonis 15 Tahun Penjara

Salah satu pecahan tembikar yang merupakan artefak kuno Irak yang coba diselundupkan WN Inggris. Foto: Reuters

WELFARE.id-Lantaran terbukti menyelundupkan artefak kuno, Pengadilan Irak pada Senin (6/6/2022) memvonis penjara selama 15 tahun kepada seorang pensiunan ahli geologi yang juga Warga Negara (WN) Inggris. 

Pihak berwenang Irak menangkap James Fitton, 66, di Bandara Internasional Bagdad pada Maret tahun lalu karena membawa sejumlah kecil pecahan tembikar kuno dalam kopernya saat hendak terbang ke Inggris. 

Pengadilan Pidana Bagdad menghukum Fitton karena membawa artefak itu dari sebuah situs pusaka di Irak selatan dan berupaya mengangkutnya ke luar negara  dengan maksud jahat.

Padahal berdasarkan undang-undang Irak, kejahatan pencurian artefak kuno itu biasanya divonis dengan hukuman mati. Tapi, warga negara Inggris itu hanya divonis 15 tahun penjara. 

Tapi vonis pengadilan itu cukup mengagetkan pengacara Fitton. Dia mengatakan kliennya tidak tahu bahwa pecahan tembikar itu merupakan artefak kuno yang berasal dari situs pusaka. 

Pengacara Fitton mengatakan kliennya akan mengajukan banding dengan vonis 15 tahun tersebut, alasan dirinya tidak berniat jahat. 

Sedangkan warga negara Jerman bernama Volker Waldmann yang ditangkap bersama Fitton yang sempat dijerat dengan tuduhan serupa, dibebaskan oleh pengadilan karena tidak terbukti bersalah. (tim redaksi)


#irak
#pencurianartefakkuno
#pengadilanpidana
#wargainggris
#wargajerman
#tembikarzamankuno
#jamesfitton
#volkerwaldmann

Tidak ada komentar