Breaking News

Saudi Arabia dan Indonesia Jadi Target Israel untuk Jalin Hubungan

Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel Yair
Lapid. Foto: AFP

WELFARE.id-Sebagai negara muslim terbesar di dunia, Indonesia jadi salah satu target untuk hubungan bilateral oleh Israel. Selain Indonesia, Arab Saudi juga jadi target pembukaan hubungan oleh Negara Yahudi tersebut.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Israel Yair
Lapid pada Rabu (15/6/2022) mengatakan pihaknya telah melakukan kontak dengan para menlu tiga negara yang tidak memiliki hubungan resmi dengan Israel. Tapi Lapid tidak menyebutkan tiga negara yang dimaksud tersebut.

Tapi dia mengatakan kepada wartawan kalau Arab Saudi dan Indonesia berada dalam daftar negara yang ditargetkan Israel untuk menjalin hubungan dengan negaranya.

Menurut situs berita Israel, Hayom, Lapid menanggapi pertanyaan apakah seorang pejabat Israel akan mengawal Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden selama kunjungannya yang direncanakan ke Arab Saudi bulan depan? Lapid tidak menyangkal pertanyaan itu tetapi tetap menanggapinya dengan bercanda dan mengatakan bahwa pesawat Biden adalah "pesawat besar”.

Lapid menambahkan bahwa Israel terus berusaha menambahkan lebih banyak negara Arab ke daftar negara yang menjalin hubungan dengan negaranya.

Tidak ada komentar dari otoritas Saudi atau Indonesia terkait dengan pernyataan Lapid tersebut.

Untuk diketahui, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan dan Maroko sudah menandatangani perjanjian yang disponsori AS untuk menormalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020 lalu.

Israel dengan sejumlah negara Timur Tengah dan beberapa negara dengan mayoritas umat muslim di dunia memang tidak mempunyai hubungan bilateral. Itu terjadi akibat aneksasi negara Palestina. (tim redaksi)

#hubunganbilateral
#israel
#negarayahudi
#normalisasihubungan
#indonesia
#arabsaudi
#menluisrael
#yairlapid

Tidak ada komentar