Breaking News

Sanksi Baru Bagi Rusia, Turki Tolak Gabung dengan AS dan Negara Barat

Bendera negara Turki berkibar. Foto: Meg Jerrard/unplash.com

WELFARE.id-Langkah berani diambil Turki. Pemerintahan Recep Tayyip Erdogan itu mempertahankan posisinya untuk tidak bergabung atau membuntuti sejumlah negara Barat dalam menjatuhkan sanksi kepada Rusia. 

Ankara masih memprioritaskan kepentingan ekonominya bila bersikap netral dalam perang antara Rusia dengan Ukraina.

”Kami telah menyatakan bahwa kami tidak akan bergabung dalam sanksi. Sebab ini berasal dari keuntungan ekonomi kami, kami bergantung pada sumber energi eksternal,” terang juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin, Minggu (26/6/2022), seperti dilaporkan kantor berita Sputnik.

Menurut Kalin, sikap dan posisi negaranya telah secara terbuka disampaikan kepada Barat. ”Ada pemahaman (dari Barat). Sanksi terhadap Rusia akan memukul, pertama, perekonomian Turki. Kami tidak menginginkan hal itu,” cetusnya juga. 

Untuk diketahui, sejak Minggu (26/6/2022) lalu, para pemimpin negara anggota G7, yakni Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Jepang, Jerman, Prancis, dan Italia melangsungkan pertemuan tingkat tinggi di Elmau, Bavaria, Jerman. 

Konflik Ukraina menjadi salah satu isu pokok dalam konferensi tersebut. Setelah membidik berbagai sektor perekonomian, negara anggota G7 berencana menerapkan sanksi baru yakni larangan impor emas dari Rusia. 

Menurut Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson, sanksi itu akan secara langsung memukul oligarki Rusia dan menyerang jantung mesin perang Presiden Vladimir Putin.

"Putin menyia-nyiakan sumber dayanya yang semakin berkurang untuk perang yang tidak berguna dan biadab ini. Dia membiayai egonya dengan mengorbankan rakyat Ukraina dan Rusia. Kita perlu membuat rezim Putin kelaparan karena pendanaannya,” ujar Johnson, seperti dikutif dari laman Euronews.

Dalam beberapa tahun terakhir, emas menjadi komoditas ekspor terbesar Rusia setelah energi. Menurut AS, nilai ekspor emas Rusia mencapai hampir USD19 miliar atau sekitar lima persen dari ekspor emas global pada 2020. 

Sekitar 90 persen emas Rusia diekspor ke negara anggota G7. Dari total yang dikirim, lebih dari 90 persen di antaranya masuk ke Inggris.

Pada 31 Mei 2022 lalu, Uni Eropa telah menyetujui embargo parsial terhadap komoditas minyak Rusia. Hungaria, Slovakia, serta Republik Ceko diberi pengecualian dan tetap diperkenankan memperoleh pasokan minyak Rusia yang dikirim lewat pipa Druzhba. 

Keputusan embargo bertujuan menghentikan 90 persen impor minyak mentah Rusia ke 27 negara anggota Uni Eropa. Hal itu akan berlaku penuh akhir tahun 2022 ini.

Embargo yang dilakukan perhimpunan negara-negara Eropa itu akan menjadi sanksi paling keras terhadap Rusia sebagai konsekuensinya menyerang negara tetangganya, Ukraina. 

Namun di sisi lain, sanksi tersebut bakal turut mempengaruhi perekonomian Uni Eropa. Pada 2020, Rusia merupakan pemasok seperempat impor minyak bagi negara Uni Eropa. Eropa adalah tujuan hampir separuh dari ekspor minyak mentah dan produk minyak asal Rusia. (tim redaksi)


#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#unieropa
#sanksibaru
#laranganeksporemas
#turki

Tidak ada komentar