Breaking News

Salah Kirim Paket, Mafia Narkoba Malah Kirim Kokain Senilai Rp1 T ke Supermarket

Narkoba jenis kokain ditemukan bersama paket pisang di Republik Ceko. Foto : twitter @policieCZ

WELFARE.id-Sebuah supermarket di Republik Ceko dihebohkan dengan penemuan bungkusan ratusan kilo kokain dalam kardus buah pisang yang dikirimkan menuju supermarket tersebut. 

Kokain tersebut ditemukan karyawan saat membuka bungkusan kardus-kardus pisang tersebut. Paket-paket ini dikirimkan ke dua supermarket berbeda di daerah yang sama. Supermarket-supermarket tersebut terletak di daerah Jicin dan Rychnov dan Kneznou, bagian utara Republik Ceko. Kokain seberat hampir satu ton itu senilai 68 juta euro (Rp 1,05 triliun) itu pun telah disita oleh polisi Ceko. 

Kejadian bermula saat para pekerja di beberapa supermarket di seluruh Ceko menemukan obat terlarang tersebut saat membongkar peti buah, yang diduga berasal dari kartel narkoba Kolombia. "Obat-obatan tersebut ditemukan dibungkus berbentuk kubus di sekitar pisang," kata Kepala unit anti-narkoba kepolisian Ceko Jakub Frydrych sebagaimana dilansir The Independent, dikutip Senin (20/6/2022). 

Temuan kokain tersebut awalnya dilaporkan oleh para karyawan supermarket di Praha, Jicin, Rychnov, dan Kneznou Mereka melaporkan bungkusan yang mencurigakan, kemudian polisi mengirim unit anjing pelacak. 

"Penyelidik kriminal menemukan bahwa barang-barang dari batch yang sama didistribusikan ke beberapa tempat lain di Republik Ceko. Oleh karena itu, bekerja sama dengan (administrasi bea cukai Republik Ceko) dan entitas lain, saat ini sedang melakukan inspeksi di tempat-tempat ini dan tindakan lainnya," sambungnya. 

Polisi menambahkan, mereka sekarang akan bekerja dengan otoritas internasional untuk melanjutkan penyelidikan mereka. “Informasi tentang kiriman (kokain) disimpan di luar wilayah Republik Ceko. Untuk alasan ini kami akan menggunakan lembaga kepolisian internasional dan kerja sama peradilan,” ujar polisi Ceko. 

“Kasus ini diambil alih oleh Pusat Pengendalian Narkoba Nasional, yang akan melakukan penyelidikan. Kami akan memberikan informasi lebih lanjut sesegera mungkin,” sambungnya. 

Sebelumnya, pada tahun 2015, kejadian yang sama juga menyasar supermarket di negara ini. Sekitar 100 kg kokain dikirimkan ke beberapa supermarket di Praha, Ceko. 

Produksi kokain hampir mencapai rekor dua kali lipat antara 2014 hingga 2019, menurut Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan. 

Dalam laporan tahunannya yang dirilis pada 2021, Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan menambahkan bahwa Kolombia menyumbang sebagian besar dari jumlah tersebut. (tim redaksi) 

#ceko
#narkoba
#kokain
#gengnarkoba
#mafianarkobakolombia
#narkobanyasarkesupermarket

Tidak ada komentar