Breaking News

Sakit Justin Bieber Terkait Vaksin COVID-19? Cek Faktanya!

Justin Bieber menjelaskan mengenai penyakitnya di akun instagramnya. Foto : instagram @justinbieber

WELFARE.id-Kabar sakitnya penyanyi Justin Bieber mengejutkan banyak kalangan, terutama para penggemarnya. Sempat muncul selentingan kabar bahwa ramsay hunt syndrome yang diderita mantan Selena Gomez itu diakibatkan oleh vaksin COVID-19. 

Benarkah demikian ? 

Terkait pertanyaan tersebut, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Zubairi Djoerban mengatakan, sampai saat ini tidak ada data valid yang menghubungkan antara virus ini dengan vaksin COVID-19. 

"Belum ada bukti. Yang jelas, sindrom ini sudah ada obatnya di Indonesia dan tersedia juga di apotek-apotek," cuit Prof. Zubairi Djoerban di akun Twitter pribadinya, dikutip Minggu (12/6/2022). 

Dia menyatakan, ramsay hunt syndrome biasanya menyerang orang dewasa dan jarang sekali terjadi pada anak-anak.Orang yang mengidap virus ini memiliki memiliki gejala seperti gendang telinga terasa sakit, mengalami gangguan pendengaran, kesulitan menutup salah satu mata, vertigo, bahkan menyebababkan kelumpuhan pada wajah. 

Untuk memastikan apakah seseorang menderita ramsay hunt syndrome atau tidak dengan cara melakukan tes darah dan kulit untuk virus varicella-zoster, elektromiografi (EMG), atau magnetic resonance imaging (MRI). 

Kabar baiknya, menurut Prof. Zubairi Djoerban, ramsay hunt syndrome peluang pemulihannya sangat tinggi selama ditangani dengan benar. “Dari studi disebutkan bahwa tingkat pemulihan cukup tinggi, yakni di atas 70 persen. Tentu harus dengan pendekatan medis yang tepat,” katanya. 

Virus ini sebenarnya bukan lah virus baru. Terbukti obatnya sudah ada sejak dulu. Pada tahun 1982 silam, Prof. Zubairi Djoerban menyatakan sudah ada obat yang digunakan untuk penyakit ini, yaitu Acyclovir. Namun seiring adanya kemajuan zaman, ditemukan obat yang lebih mumpuni, yakni Valacyclovir. 

"Variasi obat lain? Jadi ada tiga pilihan: Acyclovir, Famciclovir, dan Valacyclovir. Dari pengalaman saya, Valacyclovir lebih baik ditambah obat steroid (seperti Prednison). Kombinasi itu membuat penyembuhannya lebih cepat," pungkasnya. (tim redaksi) 

#justinbieber
#lumpuhwajah
#bellspalsy
#ramsayshuntsyndrome
#ZubairiDjoerban
#covid19
#JustinBieberTH2022 
#Indonesia 
#JusticeWorldTour

Tidak ada komentar