Breaking News

Rutin Konsumsi Bawang Putih Hitam, Kaya Manfaat bagi Kesehatan

Bawang putih hitam. Foto: Ilustrasi/ Instagram

WELFARE.id-Buah, sayur, dan herbal dari alam kaya manfaat bagi kesehatan. Sebelum kamu terbiasa dengan aneka multivitamin yang menggunakan bahan kimia, ada baiknya mencoba berbagai bahan alami untuk mencegah datangnya penyakit.

Nah, salah satu bahan alami yang patut kamu coba adalah bawang hitam. Yaitu, bawang putih yang telah mengalami proses fermentasi dengan suhu dan kelembapan tinggi selama berminggu-minggu. 

Bawang hitam dipercaya kaya manfaat, terutama kandungan antioksidannya. Melansir Healthline, Sabtu (4/6/2022), berikut 6 manfaat bawang hitam bagi kesehatan: 

1. Tinggi antioksidan

Proses fermentasi pada bawang hitam membuatnya memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Salah satu penyebabnya adalah senyawa allicin yang membuat bau menyengat bawang putih saat dihancurkan, diubah menjadi alkaloid dan flavonoid.

Antioksidan dapat memberikan perlindungan sel dari kerusakan oksidatif yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

2. Mengontrol gula darah

Manfaat selanjutnya adalah menjaga tekanan gula darah dalam tubuh. Tekanan gula darah wajib dikontrol agar tidak meningkatkan risiko komplikasi, termasuk kerusakan ginjal hingga jantung.

Antioksidan bawang putih yang difermentasi dengan bakteri Lactobacillus bulgaricus bahkan bisa membantu mencegah perkembangan diabetes gestasional. Namun, penelitian ini masih fokus pada tikus, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Pada sebuah penelitian ditemukan bahwa bawang hitam dapat mengurangi indikator penyakit jantung, termasuk kadar kolesterol total, kolesterol jahat, hingga trigliserida. Tidak hanya itu, bawang hitam dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Pada penelitian lainnya, seorang peserta penderita jantung koroner diberikan 20 gram ekstrak bawang hitam setiap hari selama 6 bulan dan ditemukan peningkatan kadar antioksidan.

4. Melindungi kesehatan otak

Bawang hitam dapat membantu mencegah peradangan otak yang bisa merusak memori dan memperburuk fungsi otak secara perlahan. Para ilmuwan mengatakan bahwa akumulasi senyawa protein beta amiloid pada otak dapat menyebabkan peradangan otak sehingga meningkatkan risiko Alzheimer.

Sementara itu, penelitian pada tikus menunjukkan bahwa bawang hitam dapat mengurangi peradangan otak yang disebabkan beta amyloid.

5. Melawan sel kanker

Manfaat bawang hitam bagi kesehatan lainnya adalah melawan sel kanker. Pada sebuah studi terhadap 21 sukarelawan, ekstrak bawang hitam menunjukkan aktivitas perangsang kekebalan, antioksidan, dan antikanker yang lebih kuat dibanding bawang putih biasa.

Hal tersebut karena bawang hitam beracun bagi beberapa sel kanker seperti paru-paru, lambung, paru-paru, dan hati. Walau begitu, penelitian ini masih berada di tahap awal sehingga membutuhkan studi lebih lanjut.

6. Menjaga kesehatan hati

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang hitam rupanya juga dapat melindungi hati dari kerusakan yang diakibatkan oleh obat-obatan, bahan kimia, dan alkohol. Sebuah penelitian dengan hewan menunjukkan bahwa bawang hitam meningkatkan fungsi hati dalam kasus kerusakan hati akibat alkohol kronis. (tim redaksi)

#manfaatbawangputihhitam
#antioksidantinggi
#melawanselkanker
#meningkatkandayaingat
#staminatubuh
#manfaatbagikesehatan
#alkaloid
#flavonoid

Tidak ada komentar