Breaking News

Ridwan Kamil dan Eril Menuju Jakarta, Begini Rangkaian Ketibaan Jenazah Eril hingga Pemakaman di Cimaung

Peti jenazah Eril dan sketsa makam. Foto : instagram @ridwankamil

WELFARE.id-Jenazah putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6/2022), setelah sekitar dua pekan dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss. 

Eril rencananya dimakamkan Senin (13/6/2022) di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung. Berikut jadwal kedatangan, takziah, hingga pemakaman Eril: 

Ridwan Kamil bersama Duta Besar Indonesia untuk Swiss dan Liechtenstein Muliaman Hadad terbang dari Zurich pada Sabtu (11/6/2022) pukul 10.00 waktu Swiss atau pukul 15.10 WIB. 

Rombongan menggunakan pesawat yang sama dengan jenazah Eril. Mereka dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 15.45 WIB. 

Dari bandara, rombongan dan jenazah akan berangkat menuju Gedung Pakuan, Kota Bandung dan diperkirakan tiba sekitar pukul 22.00 WIB. "Jadi diperkirakan kehadiran di Bandung tiba malam hari. 

Saat tiba akan ada acara keluarga inti setibanya di Gedung Pakuan diperkirakan pukul 22.000 WIB," jelas kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman di Gedung Pakuan, Kota Bandung, dikutip Minggu (12/6/2022). 

Jenazah Eril akan disemayamkan di Gedung Pakuan. Pihak keluarga akan melakukan shalat jenazah untuk Eril. 

Keluarga juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin melakukan shalat jenazah sekitar pukul 23.00 WIB hingga sebelum berangkat ke pemakaman. "Nah setelah itu, bagi warga yang ingin mendoakan langsung, bertakziah dipersilakan di1 Gedung Pakuan nanti akan diatur tim kami," katanya. 

Pemakaman 

Jenazah Eril akan dikebumikan di pemakaman keluarga di kawasan Cimaung, Kota Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6/2023). 

Rombongan pengantar jenazah akan berangkat pada pukul 09.00 WIB dari Gedung Pakuan. Prosesi pemakaman diperkirakan akan dilakukan pada pukul 11.00 WIB. 

Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Barat Wahyu Mijaya mengatakan, waktu tersebut dipilih agar tidak terlalu mengganggu aktivitas masyarakat. 

"Pihak keluarga menjadwalkan berangkat pukul 09.00 WIB karena dipertimbangkan itu hari Senin yang paginya masih ada yang masuk sekolah lalu bekerja. Sehingga kita dari pihak keluarga tidak menjadwalkan keberangkatan terlalu pagi. Mudah-mudahan dengan demikian yang akan sekolah, bekerja tidak terganggu," tukasnya. 

Wahyu menjelaskan, rombongan jenazah akan melintas ke Jalan Wastukencana menuju Tol Pasteur. Lalu, rombongan keluarg dari pintu Tol Soroja dan langsung menuju Cimaung. "Karena itu mohon berkenan bagi warga yang berada di sekitaran rute tersebut dapat mengantisipasi atau mencari jalur alternatif lain jika terjadi kemacetan. Kami juga mohon maaf jika ada warga yang terdampak dengan rencana pemakaman ini," tuturnya. 

Agar rombongan tak terlalu banyak, Wahyu mengatakan pengantar jenazah hanya berasal dari keluarga inti. "Bagi keluarga yang akan turut serta ke pemakaman itu tidak berangkat dari Pakuan, tetapi langsung menuju ke Cimaung sehingga rangkaian tidak terlalu panjang betul-betul hanya rangkaian keluarga inti," jelasnya. 

Di makam Eril ini nantinya akan dibangun sebuah masjid istimewa yang diberi nama Al Mumtadz, sesuai nama belakang Eril. Ridwan Kamil merancang desain Masjid Al Mumtadz itu begitu indah dan megah. (tim redaksi

#emmerilkahnmumtafz
#eril
#pemakamaneril
#ridwankamil
#anakridwankamil
#pemakamananakridwankamil

Tidak ada komentar