Breaking News

Return to Base Usai Terbang 15 Menit, Lion Air JT-697 Rute Surabaya-Jakarta Sempat Alami Kendala Teknis

Pesawat Lion Air. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pesawat Lion Air penerbangan JT-697 terpaksa kembali mendarat (return to base) setelah sekitar 15 menit lepas landas dari Bandara International Juanda Surabaya, Jawa Timur, Jumat (24/6/2022). 

Pesawat yang mengangkut 178 penumpang itu kembali ke landasan secara mendadak karena mengalami trouble.

"Infonya ada trouble, sehingga Return to Base (RTB)," kata Humas PT Angkasa Pura 1 Juanda Surabaya Yuristo Ardi Hanggoro kepada wartawan, dikutip Sabtu (25/6/2022).
 
Namun, dirinya tidak menjelaskan detail perihal trouble pada pesawat itu. Ia hanya memastikan seluruh penumpang pesawat selamat.

Yuris menambahkan, pesawat dari maskapai Lion Air itu bertolak dari Bandara International Surabaya tujuan Bandara Soekarno Hatta di Jakarta, pukul 12.37 WIB. Namun pesawat mendarat kembali pada pukul 13.08 WIB.

"Sekarang penumpang sudah proses boarding kembali menggunakan pesawat pengganti JT-890," ucapnya. Sementara itu, Lion Air Group pun buka suara atas kejadian itu. 

Mereka mengatakan, bahwa operasional Lion Air penerbangan JT-697 telah dijalankan sesuai ketentuan yang berlaku dan standar operasional prosedur. "Sebelum keberangkatan, pemeriksaan pesawat dilakukan lebih awal berdasarkan prosedur (pre-flight check) dan dinyatakan aman untuk dioperasikan (airworthy for flight). 

Penerbangan JT-697 akhirnya lepas landas tepat waktu dari Bandar Udara Internasional Juanda pukul 12.37 WIB," jelas Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro lewat keterangan resmi, dikutip Sabtu (25/6/2022).

Setelah 15 menit mengudara, pilot memutuskan untuk kembali ke bandar udara asal (return to base/ RTB) karena ada kendala teknis pada indikator di kokpit. "Indikator tersebut menunjukkan pada salah satu sistem perlu dilakukan pengecekan lebih lanjut," imbuhnya.

Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 12.55 WIB. Setelah pesawat parkir pada tempatnya di area landas parkir (apron), seluruh penumpang dikembalikan dan diarahkan ke ruang tunggu guna mendapatkan informasi selanjutnya.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul. Kami juga mempersiapkan kembali penerbangan JT-697 dengan menggunakan pesawat Lion Air lainnya yaitu Boeing 737-800NG," ucapnya.

Penerbangan JT-697 pun diberangkatkan kembali pukul 15.14 WIB dan telah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 16.39 WIB. (tim redaksi)

#lionair
#returntobase
#rutesurabayajakarta
#bandarjuandasurabaya
#bandarasoekarnohattajakarta
#kendalaindikatordikokpit
#lepaslandas
#alamitrouble
#pesawatlionair

Tidak ada komentar