Breaking News

Resmikan Persemaian Mentawir, Presiden Jokowi Inginkan Rehabilitasi Hutan di IKN Baru

Presiden Jokowi saat meninjau lokasi Persemaina Mentawir untuk IKN pada Maret 2022 lalu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara benar-benar akan dijalankan dengan mengedepankan aspek lingkungan. Vegetasi sebagai salah satu unsur penting pusat pemerintahan baru itu, bakal ditata secara serius.

Itu dibuktikan dengan dibangunnya lokasi pembibitan tanaman dalam jumlah besar di Persemaian Mentawir, yang lokasinya masuk di kawasan ibu kota baru Nusantara tersebut. 

Persemaian yang disiapkan sebagai penyuplai bibit untuk rehabilitasi lahan dan pemulihan lingkungan di kawasan IKN Nusantara dan sekitarnya secara resmi itu dimulai pembangunannya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan para pemimpin redaksi media massa, Rabu (22/6/2022), sempat berkunjung ke lokasi persemaian tersebut.

Hadir pula dalam kegiatan itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur Kaltim, Isran Noor dan pejabat lainnya, dalam kunjungan di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) itu.

Jokowi memastikan bahwa persemaian itu akan bisa menghasilkan sekitar 12 juta bibit pohon per tahun. Nantinya, menurut Jokowi juga, bibit tersebut akan ditanam di kawasan IKN baru.

"Jadi konsepnya nanti kan kota di dalam hutan," ujar Jokowi. Dengan demikian, ibu kota baru nanti wilayahnya akan didominasi oleh pepohonan. 

Komposisinya sekitar 75 persen wilayah IKN baru nanti berupa vegetasi, dan hanya 25 persen bagian yang didirikan bangunan.

Jokowi sempat berkeliling melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon di lokasi persemaian. Jokowi juga menginginkan pembangunan IKN Nusantara akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula, yaitu sebagai hutan tropis. 

Sementara itu, Puan Maharani terlihat mengamati bibit-bibit tanaman yang dibudidaya di persemaian tersebut. Bahkan Puan terlihat berinteraksi dengan para pegawai yang sedang menyiapkan bibit tanaman.

Untuk diketahui, total lahan Persemaian Mentawir seluas lahan 22 hektare dengan rincian sarana persemaian seluas 16 hektar dan sarana air baku 6 hektare dengan kapasitas produksi bibit 15 juta batang per tahun.

Persemaian Mentawir dalam 6 -7 bulan ke depan diharapkan dapat memproduksi bibit pohon yang antara lain kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu dan jambu-jambuan.

Penanaman pohon-pohon tersebut diharapkan akan menarik satwa dan burung-burung untuk masuk ke habitatnya di kawasna IKN Nusantara. (tim redaksi)


#ibukotabaru
#iknnunsatara
#persemaianmentawir
#presidenjokowi
#jokowidodo
#penajampaserutara
#kaltim

Tidak ada komentar