Breaking News

Ratusan Rumah Warga di Muara Enim Terendam Banjir, Air Capai 2 Meter

Banjir. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-BPBD Sumatera Selatan (Sumsel) melaporkan, ratusan rumah warga di Kabupaten Muara Enim, terendam banjir. Ketinggian air banjir mencapai dua meter.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengatakan, rumah warga yang terdampak banjir itu tersebar di Kecamatan Tanjung Enim, Tanjung Agung, dan Muara Enim. 

Berdasarkan data tim pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana Muara Enim, rumah penduduk yang terendam banjir terbanyak berada di Kecamatan Tanjung Enim, yakni sekitar 540 unit.

"Banjir terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, yang disebabkan oleh luapan air Sungai Enim. Setelah diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Sabtu 26 Juni 2022 malam," ujarnya, Minggu (26/6/2022).

Petugas BPBD Muara Enim, DPKP Muara Enim bergerak bersama PT SBS (mining) mengevakuasi korban banjir yang mencapai 543 kepala keluarga. Para korban banjir yang meliputi ibu, anak-anak, dan lanjut usia dievakuasi petugas menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang melanda tiga kecamatan di Kabupaten Muara Enim, kini telah mulai surut Senin (27/6/2022). Sebelumnya, banjir melanda tiga wilayah tersebut sejak Minggu dini hari.

"Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Muara Enim menyebutkan banjir terpantau surut sekitar pukul 17.00 WIB,” ujar Plt Kapusdatin BNPB Abdul Muhari. Ia mengatakan, tidak ada laporan adanya warga yang mengalami luka-luka atau mengungsi. 

"Selain populasi terdampak, tercatat pesantren terendam 1 unit. BPBD tidak merinci jumlah rumah warga yang terendam banjir,” ungkapnya. (tim redaksi)

#bpbdkabupatenmuaraenim
#banjirbandang
#pengungsi
#evakuasikorbanbanjir
#kabupatenmuaraenim
#sumateraselatan

Tidak ada komentar