Breaking News

PT Elnusa Petrofin Kembangkan Area Pembenihan Mangrove di Belitung

PT Elnusa Petrofin kembangkan program pembenihan mangrove di Belitung. Foto : ist

WELFARE.id-Keberadaan ekosistem mangrove mempunyai peranan penting dalam penanganan perubahan iklim dan menjaga ekosistem darat. Mendukung pelestarian hutan mangove di sekitar, PT Elnusa Petrofin (EPN), melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) mengembangkan Program Pembenihan Mangrove sekaligus aksi penanaman 500 bibit mangrove bersama Kelompok Hutan Kemasyarakat (HKm) Seberang Bersatu. 

Departemen Head of Corporate Communication & BoD Support PT Elnusa Petrofin Putiarsa Bagus Wibowo mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan wujud implementasi program CSR Petrofin Peduli yang dilakukan perusahaan melalui Pilar Petrofin Resik dalam mendukung pelestarian terhadap lingkungan. 

"Kegiatan penanaman mangrove dapat dijadikan momen strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim, pencegahan abrasi, dan pengembalian lahan kritis serta upaya dekarbonisasi. 

Dalam jangka panjang juga memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat yang banyak bergantung pada hasil laut," ujarnya dikutip Rabu (1/6/2022). 

Tak hanya itu, lanjutnya, kegiatan CSR ini sekaligus bertujuan mewujudkan salah satu poin dalam Sustainable Development Goals (SDG's), yakni poin 14 yang mendorong pada tata kelola laut dan pantai secara berkelanjutan.   

Putiarsa menerangkan sejak Tahun 2021, EPN secara aktif telah berkontribusi dengan melakukan penanaman 1000 pohon mangrove di Hutan Kemasyarakatan Juru Seberang sebagai wilayah ring perusahaan. 

"Kegiatan ini menjadi kelanjutan dari rangkaian yang telah kita lakukan ya di tahun lalu, sehingga program yang diberikan dapat berkelanjutan hingga mencapai exit program," tambahnya. 

Hutan Kemasyarakan Juru seberang sendiri merupakan kawasan di pesisir barat Pulau Belitung yang berhadapan langsung dengan Selat Gaspar. Kawasan yang memiliki luas 757 hektar ini dikembangkan guna mengembalikan ekosistem mangrove yang telah rusak akibat aktivitas tambang yang dimanfaatkan menjadi tempat wisata Belitung Mangrove Park. 

"Adanya pengembangan pembenihan mangrove yang dikembangkan secara kolaboratif ini diharapkan menjadi inovasi yang membawa daya tarik wisata baru yang ada di HKm Seberang Bersatu," lanjutnya. 

Sementara itu Ketua HKM Juru Seberang Bersatu Marwandi menerangkan, HKM Juru Seberang Bersatu merupakan salah satu tempat yang bakal di kunjungi para delegasi G20 pada September mendatang. "Oleh sebab itu kami akan melakukan perbaikan di beberapa titik termasuk sejumlah fasilitas dan sarana yang ada di dalam HKM Juru Seberang," katanya. (tim redaksi

#mangrove
#hutanmangrove
#tanjungpandan
#belitung
#hkmseberangbersatu
#elnusa

Tidak ada komentar