Breaking News

Presiden Jokowi Bakal Saksikan Balapan Formula E di Sirkuit Ancol

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Anies Baswedan saat meninjau pembangunan Sirkuit Formula E Ancol, Senin (25/4/2022). Foto: Sekretariat Presiden.

WELFARE.id-Gelaran lomba balap mobil listrik atau Formula E akan dimulai besok, Sabtu (4/6/2022). Presiden Joko Widodo (Jokowi) diagendakan menyaksikan secara langsung ajang balapan mobil listrik bertema Jakarta e-Prix yang akan dihelat di Sirkuit Formula E, kawasan Ancol, Pademangan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). 

Kejuaraan dunia balap mobil listrik tersebut untuk pertama kalinya digelar di Indonesia dan merupakan seri balapan kesembilan pada seluruh kompetisi tahun 2022 yang digelar di seluruh dunia.

"Insya Allah, besok Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Jumat (3/6/2022), dikutip dari siaran pers Istana Kepresidenan.

Sebelum menyaksikan balapan, presiden rencananya akan melakukan grid walk bersama Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap. 

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap Formula E yang berasal dari 11 negara," ujar Heru juga.

Sementara itu, Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta e-Prix 2022, Irawan Sucahyono, juga mengkonfirmasi kehadiran Presiden Jokowi tersebut. 

“Sudah ada tempat khusus untuk presiden. Itu adalah royal hospitality,” kata Irawan di Ancol, Jumat (3/6/2022). Sebelumnya pada Senin (25/6/2022), Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta. 

Saat itu, ia menyampaikan harapannya untuk bisa menyaksikan ajang balapan ini. "Kita harapkan nanti di awal Juni kita bisa melihat balapannya," ungkap Jokowi saat itu.

Untuk diketahui, ajang balapan mobil listrik bertajuk 2022 Jakarta e-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, balap mobil listrik Formula E yang digelar besok di sirkuit JIEC akan ditonton oleh banyak penonton dari berbagai negara. 

Karena itu, ia menyambut banyak pihak tersebut untuk hadir menyemarakannya. ”Ini adalah event olahraga sehingga kita menyambut semuanya sebagai hadirin penonton untuk menyaksikan balapan,” kata Anies.

Dia menambahkan, Jakarta akan mengirimkan pesan kepada dunia telah siap untuk menghadapi perubahan iklim dengan menggelar balap mobil listrik ini. ”Jadi, Formula E adalah sebuah momen penting dalam sejarah kota kita,” ujarnya.

Anies melanjutkan, gelaran balap ini juga bertujuan untuk menyelamatkan kota dan mengurangi efek rumah kaca di Jakarta. Meski ajang ini bersifat olahraga ramah lingkungan, ada pesan keberlanjutan bagi lingkungan hidup. ”Karena itu, efek dari Formula E bukan hanya ekonomi tapi juga ergonomis,” tandasnya. (tim redaksi)


#balapanmobillistrik
#jakartaeprix
#formulae
#presidenjokowi
#jokowidodo
#gubernurdkijakarta
#aniesbaswedan

Tidak ada komentar