Breaking News

Populer Banget di Era 80-an, Kaset VHS "Back to the Future" Laku Dilelang Rp1,6 Miliar!

Adegan dalam film terkenal di era 1980-an, "Back to the Future". Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kaset VHS (Video Home System) lansiran 1986 yang masih utuh dalam kondisi segel berhasil terjual seharga lebih dari USD108,000 atau setara Rp1,6 miliar. Melansir 7News, Rabu (22/6/2022), nilai penjualan Rp1,6 miliar untuk VHS ini menjadi rekor baru untuk sebuah kaset.

Dijelaskan, kaset VHS dengan judul "Back to the Future" ini terjual dalam sebuah pelelangan. Kaset dijual oleh aktor Tom Wilson, yang memerankan Biff Tannen dalam film klasik tahun 80-an. 

Semula Wilson memasarkan kaset VHS-nya di platform, eBay. Di sana, Wilson mendapat banyak respons yang luar biasa dan ia pun lantas menghapus postingannya, kemudian menghubungi Heritage Auctions di Dallas. 

Ia berharap mendapat penjualan yang layak. Dan ternyata benar, koleksinya yang mencakup "Back to the Future II", "Back to the Future III", dan trilogi "Back to the Future" tahun 1990 itu terjual dengan harga tinggi.

Kaset VHS Wilson diketahui dibeli oleh seorang kolektor yang berbasis di New York. Kaset VHS sendiri memang tengah mengalami kebangkitan di antara para kolektor, misalnya untuk film-film seperti "The Goonies", "Ghostbusters", dan "Jaws".

"Kami tidak tahu apa yang akan terjadi. Tidak ada yang melakukan ini sebelumnya dan untuk melihat keberhasilannya, ini luar biasa," jelas Wakil Presiden Eksekutif Heritage Auctions Joe Maddalena.

Menurutnya, hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa. Bukan saja dilihat dari aspek finansialnya saja, kata dia, tetapi juga karena momentum.

"Saya tahu itu! Saya tahu kaset VHS nostalgia akan memiliki harga yang bagus," ucapnya bangga.

Film time travel terbaik pada masanya

Film "Back to the Future" sangat fenomenal di masanya. Tepatnya di era 1980-an.

Film ini menceritakan seorang remaja bernama Marty McFly (Michael J Fox) yang bersahabat dengan seorang ilmuan bernama Dr. Emmet Brown. Dimana tanpa sengaja Marty menjelajah ke masa lalu dan merusak timeline, sehingga ia harus membenahi beberapa kejadian agar dirinya tidak hilang dari keberadaan. 

Film ini juga sempat ditolak 40 perusahaan studio film, termasuk Disney. Akhirnya, ditangan Universal, film ini menuai kesuksesan yang begitu besar, sehingga menjadi film box office saat itu. 

Dari sisi pemilihan mesin waktu yang digunakan untuk bepergian sangatlah unik, futuristik, dan belum pernah dilihat sebelumnya. Dalam film "Back to the Future", mesin waktu yang digunakan adalah sebuah mobil bernama DeLorean dengan bantuan alat bernama flux capacitors bertenaga 1.21 gigawatts setara dengan tenaga petir.

Dengan menampilkan karakter yang tidak berat dan mudah diingat, terbukti film ini membawa karakter Marty McFly, Doc Brown, Biff, dan yang lainnya langsung disukai para penonton. Marty McFly yang sangat lekat dengan kostum dan jaket oranyenya, membuat karakter ini mudah diingat. 

Sampai sekarang, action figure karakter ini masih diminati oleh para kolektor, begitu juga dengan karakter Doc Brown dengan wajah tua dan rambut putih khas ala ilmuannya. (tim redaksi)

#filmbacktothefuture
#karaktermartymcfly
#karakterdocbrown
#genretimetravel
#populerdiera1980an
#kasetvhs
#kolektorkaset
#hollywood
#michaeljfox

Tidak ada komentar