Breaking News

Piala Presiden 2022 Segera Bergulir, Ini Nilai Hadiahnya!

Foto : dok instagram @officialpialapresiden 

WELFARE.id-Setelah sempat vakum akibat pandemi COVID-19, Piala Presiden kembali bergulir tahun ini. Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, turnamen pramusim tahun ini hanya diikuti oleh klub peserta BRI Liga 1 2022/23. 

Sebanyak 18 tim akan dibagi dalam empat grup. Dua grup dihuni empat tim, dan dua grup lagi berisi 5 tim. 

Rencananya, Piala Presiden 2022 bakal memainkan 42 pertandingan mulai 11 Juni hingga 17 Juli 2022. Babak penyisihan sendiri akan berlangsung di empat kota, yakni Solo, Bandung, Malang, dan Samarinda.  

Direktur PT Liga Indonesia Baru, Akhmad Hadian Lukita, sempat mengatakan, pemenang Piala Presiden 2022 bakal menerima hadiah sebesar Rp2 Miliar. 

Sementara runner up berhak mendapatkan Rp1 Miliar. Kemudian untuk peringkat ketiga dan keempat akan meraih masing-masing Rp500 juta. 

Namun Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan pihaknya telah menyiapkan angka yang lebih besar. "Juara pertama saya carikan lebihan buat tambahan," ujarnya di Jakarta, dikutip Selasa (7/6/2022). 

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, kemudian menjelaskan, perubahan nominal hadiah bagi para pemenang, terjadi karena pihaknya telah mendapatkan sponsor utama. 

Selain hadiah bagi para pemenang, PSSI menurut Iwan juga menyiapkan subsidi bagi empat klub yang menjadi tuan rumah Piala Presiden 2022.  "Jadi anggaran untuk hadiah ditetapkan jauh hari sebelum mendapat sponsor utama. Jadi tadi pak Ketum (Mochamad Iriawan) mengatakan akan menambah jumlahnya, maka kita akan bicarakan lagi berapa nominalnya. Yang pasti lebih besar dari nominal yang disebutkan tadi (Rp 2 Miliar dan Rp 1 Miliar)," katanya. 

"Untuk tuan rumah yang dihuni 4 tim akan mendapat subsidi sebesar Rp600 juta, dan tuan rumah yang dihuni 5 tim mendapat bantuan subsidi sebesar Rp800 juta," tambahnya. 

Pada kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama PT LIB, Sudjarno, mengatakan, masing-masing tim yang bertanding juga mendapatkan match-fee. Jumlahnya sebesar Rp250 juta untuk setiap pertandingan. "Ini akan dibagi oleh kedua tim yang bertanding. Yang kalah dapat Rp75 juta, menang Rp125 juta dan kalau seri akan dibagi dua. Match-fee akan diberikan hingga babak semifinal," imbuhnya. 

Sebanyak 18 tim terbagi dalam empat grup. Grup A dihuni oleh Persis Solo (tuan rumah), PSIS Semarang, Martapura Dewa United, Persita Tangerang, dan PSS Sleman. 

Grup B akan menyajikan persaingan antara Barito Putera, Persija Jakarta, Rans Cilegon FC, Madura United, dan Borneo FC (tuan rumah). 

Di Grup C, Persib Bandung sebagai tuan rumah akan berjumpa Bhayangkara FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya. 

Sementara Grup D, diisi oleh tuan rumah Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, serta Persik Kediri. 

Hanya pemuncak klasemen dan runner-up masing-masing grup yang akan mendapat tiket melaju ke babak selanjutnya. (tim redaksi) 

#sepakbola
#ligaindonesia
#pialapresiden
#pialapresiden2022
#pssi

Tidak ada komentar