Breaking News

Pesta Gol 7-0 Lawan Nepal, Skuad Garuda Pastikan Lolos ke Piala Asia 2023

Pemain Timnas Indonesia usai menjebol gawang Nepal di laga pamungkas Grup A Piala Asia 2023, Rabu (15/6/2022). Foto: Twitter @PSSI

WELFARE.id-Tim Nasional (Timnas) Indonesia memastikan diri lolos ke Piala Asia 2023 usai menghabisi Nepal dengan skor 7-0 di laga pamungkas Grup A, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB. 

Tak memberi peluang sedikitpun ke lawannya kali ini, Timnas Indonesia akhirnya bisa berada di peringkat kedua dengan koleksi enam poin.

RI pun berhak lolos ke putaran final Piala Asia 2023 dengan status lima runnerup terbaik. Timnas Indonesia memang tampil luar biasa saat menghantam Nepal 7-0. 

Semua pemain bermain agresif namun tetap fokus dan terkontrol. Dimas Drajad (6’), Witan Sulaeman (43’), Fachruddin Aryanto (54’), dan Saddil Ramdani (55’) menjadi para pemain yang membuat skuad Garuda bisa menang telak atas Nepal di laga tersebut.

Timnas Indonesia mengawali babak pertama dengan cukup baik. Mereka berhasil mendominasi di awal pertandingan. 

Setiap serangan dari skuad Garuda matang dan efektif untuk merepotkan skuad asuhan Kiran Shtresha. Hingga akhirnya Indonesia membuka keunggulan lewat tandukkan Dimas Drajad (6’). 

Setelah gol tersebut, Timnas Indonesia semakin bernafsu untuk membuat gol tambahan.  
Strategi pelatih Shin Tae Yong memainkan skema umpan-umpan pendek untuk membangun serangan rupanya efektif kali ini.

Timnas Nepal semakin tertekan, usai salah satu pemainnya, Suman Aryal diusir dari lapangan karena melakukan pelanggaran keras. Ia mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-33. 

Di sisi lain, Timnas Indonesia semakin nyaman menyerang. Hasilnya, di menit ke-43, Witan Sulaeman mampu menambah keunggulan Timnas Indonesia lewat sontekkan manisnya. 

Witan menerima umpan matang Asnawi Mangkualam. Pada akhirnya, Timnas Indonesia unggul atas Nepal 2-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, sejumlah pemain baru dimasukkan oleh Shin Tae Yong. Marselino Ferdinan diberikan waktu bermain, begitu juga Rafli. 

Kehadiran para pemain baru itu lantas memberikan nafas baru untuk skuad Garuda. Rafli setidaknya dua kali nyaris mencetak gol jika memiliki penyelesaian akhir yang baik. 

Namun, gol baru benar-benar tercipta pada menit ke-54 lewat sepakan pojok Fachruddin Aryanto. Kiper Nepal gagal menghalau bola dengan baik.

Satu menit berselang giliran Saddil Ramdani yang mencetak gol. Saddil dengan tenang dapat mengeksekusi bola usai meneruskan umpan panjang.

Memasuki menit-menit akhir, Elkan Baggott tambah gol Timnas Indonesia. Bahkan Witan Sulaeman membuat skuad Garuda unggul 6-0 setelah mencetak gol individu yang ciamik.

Ketika laga hampir benar-benar berakhir, Marselino mencetak gol penutup. Timnas Indonesia menang 7-0 atas Nepal dan merebut tiket ke Piala Asia 2023.

Penantian 15 tahun

Sebanyak 24 negara peserta Piala Asia 2023 telah diketahui lolos Piala Asia 2023. Ada 11 tim tambahan yang melaju melalui kualifikasi putaran ketiga, diantaranya Indonesia. 

Itu artinya, Indonesia berakhir mengakhiri masa puasa bermain di Piala Asia. Timnas Indonesia terakhir kali bermain di Piala Asia tahun 2007 silam. 

Ketika itu, tim Garuda tampil di putaran final karena menjadi tuan rumah bersama tiga negara dari Asia Tenggara yakni Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Saat itu, Timnas Indonesia diarsiteki oleh pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev. 

Dari tim yang mengikuti kualifikasi putaran ketiga, enam diantaranya lolos sebagai juara grup. Mereka adalah Yordania (Grup A), Palestina (Grup B), Uzbekistan (Grup C), India (Grup D), Bahrain (Grup E) dan Tajikistan (Grup F). 

Sedangkan Indonesia melenggang dari jalur lima runnerup terbaik, yaitu Kirgizstan (Grup F), Indonesia (Grup A), Malaysia (Grup E), Thailand (Grup C), dan Hong Kong (Grup D). Mereka semua menemani 13 tim yang sudah lolos lebih dahulu, yakni Australia, Jepang, Iran, Irak, Korea Selatan, Libanon dan Oman. 

Kemudian Tiongkok, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Vietnam dan Suriah. Sebanyak 24 tim itu akan mengikuti Piala Asia 2023 yang rencananya bergulir mulai 16 Juni-16 Juli tahun depan. Lokasi pertandingan ditentukan kemudian, usai Tiongkok menolak menjadi tuan rumah karena masih adanya kasus COVID-19 di negaranya. (tim redaksi)

#kualifikasipialaasia2023
#pialaasia2023
#indonesiavsnepal
#indonesialolosgrupa
#penantian15tahun
#skuadgaruda
#shintaeyong
#elkanbaggott
#witansulaeman

Tidak ada komentar