Breaking News

Peringatan Potensi Banjir Rob dari BMKG, Warga di 15 Wilayah Pesisir Ini Wajib Waspada

Banjir rob. Foto: Ilustrasi/ antara

WELFARE.id-Potensi banjir rob masih akan terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Walaupun sebagian daerah sudah mengalami musim kemarau.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi banjir pesisir atau rob di 15 wilayah pesisir Indonesia. Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan, potensi ini diakibatkan adanya fase bulan baru pada 30 Mei 2022. 

"Adanya fase bulan baru pada 30 Mei 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut," kata Eko pada keterangan resmi yang diterima, dikutip Rabu (1/6/2022). Ia mengatakan, potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. 

Kondisi ini, lanjutnya, secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. 

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," imbuhnya. 

Berikut 15 wilayah pesisir Indonesja yang berpotensi banjir rob berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, pada 30 Mei-7 Juni 2022:

1. Aceh 
2. Sumatera Utara 
3. Sumatera Barat 
4. Lampung 
5. Bangka Belitung 
6. Banten 
7. DKI Jakarta 
8. Jawa Barat 
9. Jawa Tengah 
10. Jawa Timur 
11. Bali 
12. Kalimantan Barat 
13. Kalimantan Selatan 
14. Kalimantan Timur 
15. Maluku
(tim redaksi)

#banjirrob
#potensibanjirrob
#bmkg
#peringatandini
#fasebulanbaru
#cuacamaritim

Tidak ada komentar