Breaking News

Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Yuk Saatnya Jaga Kelestarian Alam

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id - Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) diperingati setiap tanggal 5 Juni. Peringatan ini sudah dilakukan sejak tahun 1973.  

Hari Lingkungan Sedunia ini mengajak masyarakat seluruh dunia untuk memiliki kesadaran dalam menjaga kelestarian alam. Setiap orang perlu memperingati hari ini sebab kondisi lingkungan kita yang sudah semakin mengkhawatirkan.  

Jika kita tidak memulainya sekarang, paparan polusi udara akan meningkat sebesar 50 persen pada dekade ini. Selain itu, limbah plastik di perairan akan naik hampir tiga kali lipat pada tahun 2040.  

Jika sudah begitu, tentunya bumi kita sudah tidak sehat dan tidak nyaman lagi untuk ditinggali. Sebagai manusia yang hidup di bumi, kita harus berkontribusi untuk menjaga kelestariannya.  

Nah, kita bisa kok mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara-cara sederhana yang bisa kita lakukan setiap harinya. Disimak, yuk! 

1. Tidak Membuang Sampah sembarangan, terutama di Sungai 

Budaya memvuang sampah pada tempatnya sudah digaungkan pemerintah sejak dulu. Namun nyatanya, masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Bahkan, ada yang membuang sampah di sungai atau laut. Padahal, akibat ulah manusia ini bisa mengakibatkan aliran yang ada di sungai menjadi terhambat.  Jika sudah begitu, tentu ini jadi pemicu timbulnya banjir hingga ikan-ikan mati.  

Untuk itu, buanglah sampah pada tempatnya. Nantinya, petugas akan mengambil sampah dari tiap-tiap tempat sampah untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir.  

2. Hemat Penggunaan Listrik 

Ketika kita menggunakan listrik secara berlebihan, maka akan memicu pemanasan global.  Pemanasan global yang terjadi dapat memberikan dampak buruk yang mengancam kehidupan di bumi.  

Untuk itu, mulai sekarang kita bisa menghemat penggunaan listrik, seperti hanya menyalakan lampu saat gelap. Kita juga bisa menjaga lingkungan dengan mematikan alat elektronik ketika tidak digunakanm 

3. Hemat Penggunaan Air 

Dilansir dari National Oceanic and Atmospheric Administration, semakin sedikit air yang digunakan, berarti semakin sedikit air limbah yang berakhir di laut.  

Air limbah itulah yang dapat merusak ekosistem laut bahkan bisa membunuh makhluk di dalamnya.  

Untuk itu, jangan lagi membuang-buang air, ya. Jangan lupa matikan keran saat teman-teman keluar dari kamar mandi.  

4. Kurangi Penggunaan Kertas 

Cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan selanjutnya adalah mengurangi penggunaan kertas. Ini karena, kertas-kertas yang kita gunakan sekarang berasal dari pohon-pohon yang ditebang.  

Jadi dengan menghemat kertas, kita dapat melakukan kebaikan besar untuk melestarikan lingkungan.  

5. Menggunakan Produk Daur Ulang 

Setiap harinya, manusia menghasilkan sampah. Dilansir dari National Geographic, manusia menghasilkan 3,5 juta ton sampah setiap hari.  

Mengejutkan, jumlah itu ternyata sepuluh kali lipat dari jumlah sampah yang dibuang manusia 100 tahun yang lalu. Ini berarti semakin bertambahnya hari, maka sampah yang dihasilkan akan semakin banyak dan menumpuk.  

Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan produk daur ulang yang tersedia. Kita bisa menerapkan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, dan Replace). Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah bawalah tas belanja ketika berbelanja. (tim redaksi) 

#harilingkunganhidup
#kelestarianalam
#caramenjagalingkungan
#harilingkungansedunia
#4r

Tidak ada komentar