Breaking News

Penggantian 22 Jalan dengan Nama Tokoh Betawi, Gubernur DKI: Tidak Bebani Warga

Pengendara melintas di Jalan Guru Ma'mun, yang sebelumnya bernama Jalan Rawa Buaya, Kamis (23/6/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Penggantian 22 nama jalan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) yang tersebar di beberapa derah di ibu kota dikeluhkan oleh masyarakat yang rumahnya terdampak penggantian nama tersebut. 

Pasalnya, warga beralasan dengan penggantian 22 jalan dengan nama-nama tokoh Betawi itu maka semua dokumen kependudukan warga harus diganti. Tapi kekhawatiran warga itu dijawab oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

Anies memastikan pergantian nama 22 jalan di wilayah ibu kota tidak akan membebani warga. Pasalnya, semua perubahan nama jalan ini sudah dikoordinasikan dengan pihak-pihak terkait termasuk tentang data kependudukan warga.

”Semua prosesnya (penggantian nama 22 jalan) sudah melewat konsultasi dari instasi terkait. Mulai BPN, terkait pertanahan dan kepolisian terkait kendaraan bermotor, dan kependudukan dan semua instasi lain, dan prosesnya biasa saja," terang Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (23/6/2022). 

Jadi, kata Anies juga,  ketika ada kepengurusan dokumen kependudulan maka langsung akan dilakukan penyesuaian nama baru jalan tersebut. ”Jadi, Insya Allah tidak akan membebani," paparnya juga. 

Anies menambahkan, nama jalan yang berada di e-KTP  warga saat ini masih berlaku dan akan diganti jika warga yang bersangkutan melakukan pengurusan perubahan data penduduk. 

Menurut Anies juga, nantinya juga masih ada sejumlah jalan lain akan diganti Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Makanya disebutkan dengan cara bergelombang.

"Kenapa disebutkan bergelombang, karena ada pergantian jalan lain yang masih berproses," papar Anies lagi. Dia menambahkan, pihaknya tidak mau mengganti nama jalan sebelum persiapan antarinstansi selesai dilakukan. 

”Seperti yang tadi saya bilang dan semua ada konsultasi wali kota dan warga sekitar," ucapnya lagi. Sebelumnya, Anies meresmikan perubahan 22 nama jalan di DKI Jakarta dengan nama-nama tokoh Betawi. 

Penggunaan nama tokoh Betawi merupakan apresiasi atas peran para tokoh tersebut dalam perjalanan Kota Jakarta. "Dari Betawi dilahirkan begitu banyak pribadi-pribadi yang hidupnya memberikan kemajuan bagi Jakarta," ujar Anies saat peresmian nama jalan baru, Senin (20/6/2022). (tim redaksi)


#penggantian
#namajalan
#pemprovdkijakarta
#gubernurjakarta
#aniesbaswedan
#tokohbetawi

Tidak ada komentar