Breaking News

Pemakaman Rima Melati Masih Tunggu Anak yang di Jerman

Rima Melati. Foto : ist

WELFARE id-Jenazah aktris senior Rima Melati belum dimakamkan oleh pihak keluarga. Aditya Tumbuan, putra Rima Melati menyebut belum ada kesepakatan dari pihak keluarga kapan dan di mana pastinya jenazah sang ibunda dimakamkan."Untuk kepastian kapan akan dimakamkan dan di mana itu belum ada kesepakatan," ujarnya di rumah duka kawasan Senen, Jakarta Pusat, Jumat (24/6/2022). 

Salah satu alasannya adalah menunggu anak Rima yang tengah berada di Jerman. "Kemungkinan besar hari Minggu di tanah kusir, belum tahu jamnya, mohon bersabar, nanti pasti ada informasi dari pihak keluarga," tambahnya. 

Aditya mengungkapkan, mendiang ibundanya akan dikuburkan satu liang lahat dengan orangtuanya. Mulanya, Rima Melati akan dikebumikan di atas kuburan suaminya, Frans Tumbuan. Tetapi, karena sudah menumpuk akhirnya tidak jadi. 

Maka, Rima Melati akan dikuburkan satu liang lahat dengan mendiang ibundanya. "Jadi memang rencananya tadinya ditaruh di atas almarhum bapak Frans tapi karena sudah menumpuk 3 jadi di bawah sudah ada ibu bapaknya almarhum," katanya 

"Tidak bisa yang keempat gitu. Jadi sepertinya akan dikuburkan di atas ibunya mama Rima, yang lokasinya tidak jauh dari situ. Cukup dekat," tambahnya. 

Menunggu proses pemakaman, saat ini jenazah Rima Melati berada di Rumah Duka Sentosa yang nantinya akan ada beberapa ibadah dari Gereja untuk mendoakan sang aktris senior. "Kalau untuk proses dari sekarang sampai pemakaman, tentunya karena ibu saya Kristen, akan ada beberapa ibadah atau misa dari Gerejanya atau dari saudaranya," terangnya. 

Hal itu akan dilakukan setiap hari sebelum Rima Melati dimakamkan. "Lalu akan dilakukan terus-menerus setiap hari dan di hari Minggu akan ada ibadah untuk peti jenazah. Kita belum tahu jamnya, di ruangan ini, di ruangan RSPAD ruang Kamboja," pungkasnya. 

Diberitakan sebelumnya, Rima Melati menghembuskan nafas terakhir pada usia 84 tahun, Kamis (23/6/2022). "Telah berpulang dengan tenang ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa, Ibu RIMA MELATI, ibunda/mertua terkasih dari Aditya Bimasakti dan Marisa Tumbuan, pada hari ini Kamis 23 Juni 2022 pada pukul 15.14 WIB di RSPAD Jakarta Pusat," demikian pesan singkat yang disebar menantu Rima Melati, Marisa Tumbuan. 

Riwayat Penyakit 

Selama ini Rima Melati diketahui menjadi survivor kanker payudara sejak didiagnosa pada akhir tahun 1990-an. Ia kerap ikut kampanye peduli kanker payudara untuk mengedukasi masyarakat agar waspada terhadap gejala kanker payudara. 

Selain kanker payudara, Rima Melati mengalami demam tinggi hingga akhirnya dilarikan ke rumah sakit. Demam yang dialami Rima Melati, karena sebelumnya mengalami luka hingga infeksi di bagian punggung. 

"Pertama kali masuk, ibu Rima terkena infeksi dari luka bagian belakang, punggung belakang. Infeksi tersebut membuat ibu demam tinggi, lalu kita bawa ke RS langsung ke ICU di sana dirawat kira-kira dua minggu," lanjutnya. 

Setelah dilarikan ke rumah sakit, rupanya Rima Melati mengalami komplikasi. Aditya mengungkapkan di bagian paru-parunya bermasalah, kemudian merambat ke bagian ginjalnya.  "Ternyata ada infeksi lain yang istilahnya merambat dari infeksi pertama yaitu paru. Parunya mulai kerendam air, harus disedot. Dari situ, berturut turut menjalar ke ginjal," tutur Aditya.  

Aditya berpendapat, memang masalah di ginjal adalah hal lumrah dialami pasien. Sebab, ibunya mengonsumsi obat-obatan selama di rawat di rumah sakit. "Selama di RSPAD, sudah dilakukan 7 kali (cuci darah) hasilnya memang membuat ibu stabil. Tapi usia yang membuat ibu itu seperti berjuang kadang stabil kadang drop," pungkasnya. (tim redaksi) 

#rimamelati
#aktrislegendaris
#beritadukacita
#artismeninggal
#franstumbuan

Tidak ada komentar