Breaking News

Peduli Lingkungan, Warga Bogor Membiasakan Diri Tukar Sampah Plastik Jadi Pulsa

Botol plastik. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor membuat terobosan ekonomi dengan pemanfaatan sampah. Menggandeng perusahaan operator seluler, pihaknya membuat terobosan untuk mengurangi sampah botol plastik di wilayah mereka.

Caranya, mengajak warga Bogor menukar botol menjadi pulsa senilai Rp10.000 per botol. Dalam sehari, Bogor menghasilkan 650 ton sampah, yang 14 persennya merupakan sampah plastik. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan, terobosan ini untuk membangun teknologi digital penukaran sampah botol plastik menjadi pulsa di mal. Diharapkan, inovasi ini bisa membantu membangun kesadaran masyarakat untuk memilah sampah dan peduli terhadap lingkungan. 

”Sampah plastik lama terurainya. Ini menjadi ikhtiar kita bersama,” ujar Bima, dikutip Senin (27/6/2022). 

Ia juga berharap, peluncuran teknologi penukar sampah berupa mesin yang terkoneksi dengan ponsel yang menggunakan operator Indosat dan Tri di Mall BTM dapat menarik antusias warga, khususnya anak-anak muda segera mengumpulkan botol plastik. Ia menargetkan, mesin penukar sampah jadi pulsa ini bisa mengurangi sampah botol plastik yang per hari bisa mencapai 4.300 kg per hari. 

Sebab, Bank Sampah di Kota Bogor hanya sanggup mengolah sampah plastik sebanyak 300 kilogram per hari. Selain penukaran sampah jadi pulsa, dirinya juga mengapresiasi kehadiran Plasticpay yang akan menjadikan sampah botol plastik tersebut menjadi kerajinan yang bernilai dan keren, mulai dari tas, sajadah, topi, sendal, hingga sepatu.

Langkah ini juga sebagai bagian dari pemberdayaan komunitas mitra UMKM. Artinya, dari hulu plastik bisa dikumpulkan dengan lebih efisien melalui reverse vending machine Indosat ini. 

”Kemudian oleh Plasticpay, botol plastik ini diolah menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Jadi, dari masalah menjadi berkah, dari sampah plastik menjadi pulsa,” terangnya. 

Sementara itu, CEO Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Vikram Sinha menjelaskan, program ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi limbah botol plastik dan menjaga kelestarian alam dengan pemanfaatan teknologi digital. 

”Kami merasa terhormat dapat berkolaborasi dengan Pemkot Bogor dan para pihak, meluncurkan program ini ke tengah masyarakat. Untuk mendorong perilaku hidup bersih dan mengelola sampah yang memberi manfaat dan menciptakan nilai tambahan,” ujarnya. 

Masyarakat, hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah untuk menukarkan sampah botol plastik menjadi pulsa. Pertama, mengunduh dan daftarkan diri pada aplikasi Plasticpay yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. 

Kedua, masukkan botol plastik bekas ke dalam RVM untuk menukarkan satu botol dengan pulsa IM3 atau Tri senilai Rp10.000. Selanjutnya, masyarakat yang menukarkan botol-botol plastik bekas akan mendapatkan 56 poin per botol. 

Untuk nantinya ditukarkan dengan beberapa pilihan yang ada pada aplikasi. Poin-poin yang didapatkan dapat ditukarkan dengan pulsa IM3 atau Tri yang bisa digunakan untuk membeli kuota data, telepon, SMS, serta aktivasi layanan Over-the-Top (OTT) seperti aplikasi siaran langsung musik dan film. (tim redaksi)

#tukarsampahjadipulsa
#indosarooredo
#vendingmesin
#pulsaim3
#pulsatri
#sampahbotolplastik
#pemanfaatansampah
#limbahbotolplastik
#bogorjawabarat

Tidak ada komentar