Breaking News

PB IDI Sebut Indonesia Masuk Fase Endemi, Kemenkes: Tunggu Pengumuman Resmi

Foto: Istimewa

WELFARE.id-Stabilnya kasus penularan Corona di Tanah Air  membuat Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai kalau Indonesia sudah masuk fase endemi.

Ketua Satgas Covid-19 PB IDI Prof Zubairi Djoerban meyakini Indonesia sudah masuk fase endemi Corona. Hal itu terlihat dari sejumlah indikator yang menunjukkan grafik membaik terkait kasus COVID-19.

”Apakah Indonesia sudah masuk tahap endemi? Saya akan jawab iya. Kenapa? karena positivity rate-nya stabil di bawah 3 persen. Keterisian tempat tidur rumah sakit dan angka kematian juga rendah sekali," terang Zubairi Djoerban Rabu (8/6/2022).

Tapi berbeda dengan Satgas IDI, organisasi kedokteran yang baru di Tanah Air yakni Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) menilai Indonesia belum memasuki fase endemi COVID-19.

”Memang baru mau masuk fase endemi, tapi belum stabil,” terang Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDSI Erfen Gustiawan Suwangto, Rabu (8/6/2022).

Erfen menyebut dalam beberapa hari terakhir kasus COVID-19 di Indonesia kembali meningkat. Angka penularan Corona juga naik dari sebelumnya 0,3 menjadi 0,7.

”Kalau stabil harusnya dia enggak naik lagi,” ucapnya. Erfen juga 
menegaskan virus COVID-19 masih bersirkulasi di Indonesia. Karena itu, kunci pencegahan dengan menerapkan protokol kesehatan harus terus dilakukan. 

Selain itu, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus tetap diterapkan di Indonesia.

Erfen menyinggung situasi COVID-19 di Australia. Saat ini, kasus Corona di negara itu bertambah belasan ribu dalam sehari.
Erfen menekankan, masyarakat Indonesia tidak boleh memberikan peluang penyebaran COVID-19.

”Jika virus dibiarkan bersirkulasi, tak tertutup kemungkinan muncul varian baru COVID-19. Kita kan enggak tahu apa dia (virus Corona) menggganas atau melemah. Proses evolusi itu acak,” tandasnya.

Bagaimana tanggapan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait pernyataan PB IDI dan PDSI tersebut?.
”Ikuti saja pengumuman resmi pemerintah,” ujar Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril, kepada Rabu (8/6/2022).
Syahril menegaskan keputusan yang disampaikan pemerintah nantinya pasti sudah mendapatkan masukan dari semua pihak terkait dan merupakan keputusan terbaik. (tim redaksi)


#corona
#endemi
#pandemi
#penularancovid19
#pbidi
#pdsi
#kemenkes
#kementeriankesehatan

Tidak ada komentar