Breaking News

Partai Golkar, PAN dan PPP Tanda Tangani Nota Kesepahaman KIB

Tiga ketum parpol bentuk KIB. Foto : instagram @zul.hasan

WELFARE.id-Tiga ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) meneken nota kesepahaman terkait dibentuknya KIB di Hutan Kota Plataran, Senayan, Jakarta, Sabtu (4/6/2022).  

Ketiga ketua umum partai politik itu yakni, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa. "Malam ini menjadi malam yang bersejarah karena kami bertiga Partai Golkar, PAN, dan PPP menandatangani kerja sama dan kerja sama ini," ujar Airlangga dikutip Minggu (5/6/2022) 

Airlangga mengatakan, ditekennya nota tersebut menjadi awal dari perjalanan politik KIB. "mereka tetap bersahabat dengan sesama partai koalisi pendukung pemerintah seperti PDIP, Gerindra, dan NasDem. 

"Kami memiliki komunikasi yang baik dengan partai politik pendukung pemerintah lainnya seperti PDI Perjuangan, Gerindra dan NasDem," tandasnya. 

Salah satu poin dalam kerja sama itu, menurut Airlangga, adalah KIB berupaya agar tak ada polarisasi tajam di masyarakat yang diakibatkan persaingan politik menjelang dan seusai pemilu. "Kita sesuai dengan judul koalisi ya bersatu dan tentu kepentingan utama adalah rakyat," ujarnya. 

Sementara itu, Zulkifli mengatakan, nota kesepahaman juga menegaskan, KIB terbuka terhadap partai-partai lain yang ingin bergabung. "Tentu terbuka itu artinya kan sudah bertiga. Nanti kalau sudah cocok, kita berunding kita akan terima," tandasnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa mengatakan KIB tidak punya resistansi untuk mengusung figur calon presiden (capres) dari luar koalisi. 

Ia memiliki keyakinan bahwa figur capres terbaik bisa jadi muncul dari pihak eksternal. 

“Koalisi Indonesia Bersatu tidak alergi (usung capres) dari luar koalisi sepanjang memenuhi hal-hal yang kita sepakati secara bulat,” tutur Suharso. 

Dalam acara tersebut hadir pula Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan, Ketua Majelis Penasihat Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie, serta Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Zainudin Amali dan Ketua Projo Budi Arie Setiadi. (tim redaksi) 

#politik
#kib
#golkar
#ppp
#pan

Tidak ada komentar