Breaking News

Operasi Patuh 2022 Resmi Digelar, Kakorlantas: Polantas Jangan Cari-Cari Kesalahan Pengendara!

Polantas melakukan sosialisasi digelarnya Operasi Patuh 2022 kepada pengendara mobil. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Mabes Polri resmi menggelar ”Operasi Patuh 2022” di seluruh wilayah Indonesia mulai hari ini. Pelaksanaannya berlangsung selama dua pekan atau 14 hari hingga 26 Juni 2022 mendatang.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Santyabudi mengatakan, selama Operasi Patuh 2022 tidak ada operasi penegakan hukum atau razia di jalan.

"Kita tidak menitik beratkan kepada operasi yang dilaksanakan secara stasioner di jalan maupun mengejar target, menangkap tanda kutip, melakukan penindakan kepada para pelanggar sebanyak-banyaknya, tidak. Kita akan eksistensi pada kegiatan operasi tahun ini dengan menggunakan teknologi e-TLE," kata Firman saat memimpin apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (13/6/2022).

Menurut Firman juga, Operasi Patuh 2022 kali ini lebih mengedepankan atau mengutamakan kegiatan edukasi dan preventif. Tujuannya, agar masyarakat atau pengguna jalan dapat memahami pentingnya taat terhadap aturan lalu lintas sebagai upaya menekan angka kecelakaan.

”Kita tidak ingin terjadi aset-aset bangsa harus kehilangan nyawa di tengah jalan," cetusnya. Firman juga menekankan kepada seluruh anggota Polri dapat memberikan contoh kepada masyarakat. Sekaligus memastikan kepada mereka yang melanggar aturan lalu lintas juga akan dikenakan sanksi atau ditindak.

"Saya tidak berharap operasi ini justru pelanggaran terjadi dari lingkungan terdekat kita. Nanti Propam yang turun. Tertib dari diri kita, baru kita ajak orang lain. Kita selamatkan seluruh aset bangsa," tandasnya.

Selain itu, Firman juga meminta agar anggota Polantas tidak mencari-cari kesalahan pengendara selama gelaran Operasi Patuh Jaya 2022. Petugas diminta mendahulukan komunikasi yang baik guna mencapai tujuan kegiatan.

"Saya harapkan tidak ada terkesan mencari-cari kesalahan. Saya minta komunikasikan dengan baik, sehingga masyarakat bisa mengerti," cetusnya juga. (tim redaksi)


#mabespolri
#korlantaspolri
#operasipatuhjaya2022
#polantas
#penertibanpengendara
#kakorlantas
#firmansantyabudi
#poldametrojaya

Tidak ada komentar