Breaking News

Olahraga Nyaman Bagi Penderita Penyakit Jantung

Sejumlah olahraga yang direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung. Foto: net

WELFARE.id-Tidak dipungkiri lagi, olahraga sangat baik menjaga kesehatan tubuh. Olahraga juga salah satu langkah pencegahan penyakit jantung. Rutin berolahraga bisa memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal, dan mencegah kerusakan arteri. 

Rajin melakukan olahraga juga bisa mengontrol kolesterol, gula darah, dan tekanan darah yang jadi biang penyakit jantung dan stroke. Namun, penderita penyakit jantung tak boleh asal-asalan menjalankan olahraga.

Melansir laman resmi Heart and Stroke Foundation, penderita jantung perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat, berapa lama, dan jenis olahraga untuk penyakit jantung. Sebelum mulai berolahraga, pastikan berkonsultasi dengan dokter ahli jantung dan pembuluh darah sampai ahli kebugaran.

Terutama bagi penderita baru mengalami serangan jantung, mengalami sakit dada, dan sesak napas, penderita diabetes, atau baru menjalani operasi jantung. 

Adapun jenis olahraga untuk penderita penyakit jantung Melansir Medline Plus, aerobik adalah jenis olahraga pas untuk penderita penyakit jantung. Olahraga aerobik atau kardio adalah jenis olahraga yang bisa merangsang detak jantung dan pernapasan selama latihan. 

Aerobik dapat melatih jantung agar lebih efisien dalam menggunakan oksigen dan meningkatkan aliran darah. Saat penderita penyakit jantung ingin memulai olahraga, awali dengan jenis latihan yang ringan atau lambat. 

Pilih aerobik seperti jalan kaki, berenang, jogging ringan, atau bersepeda. Lakukan olahraga ini tiga sampai empat kali seminggu. Olahraga yang bisa menunjang fleksibilitas otot seperti yoga dan pilates juga bisa membantu otot lebih rileks.

Timbul pertanyaan, seberapa sering olahraga untuk penderita penyakit jantung? Sebenarnya paling bagus apabila bisa rutin setiap hari. Idealnya, olahraga selama 150 menit setiap minggu sudah baik untuk menunjang kesehatan jantung. 

Terkait intensitas olahraga, penderita penyakit jantung bisa menakar kapasitas dirinya masing-masing. Perhatikan bagaimana detak jantung, tingkat kecepatan napas apakah terlalu terengah-engah atau tidak, keringat, sampai kemampuan otot. 

Sebagai gambaran sederhana, intensitas olahraga Anda termasuk sedang apabila selama olahraga Anda masih bisa berbapas dan bicara tanpa terlalu ngos-ngosan. 

Saat penderita penyakit jantung ingin berolahraga, selalu perhatikan kondisi tubuh. Berikut beberapa tipsnya: 

1. Selalu lakukan peregangan atau pemanasan selama lima menit sebelum mulai berolahraga. Setelah olahraga, lakukan pendinginan. 
2. Jangan lupa untuk beristirahat sebelum penderita penyakit jantung merasa terlalu lelah. 
3. Jika merasa ada tanda-tanda penyakit jantung kambuh, segera hentikan latihan atau olahraga. 
4. Gunakan pakaian yang nyaman dan memungkinkan sirkulasi udara lebih lancar selama berolahraga. Hindari pakaian berlapis-lapis dan terlalu ketat. 
5. Pilih olahraga di pagi atau sore hari. Jangan berolahraga saat terlalu panas atau dingin. (tim redaksi)


#kesehatan
#olahraga
#tubuhbugar
#penderitapenyakitjantung
#olahragaringan
#penapasan
#jagakondisitubuh

Tidak ada komentar