Breaking News

Nikahi Adik Jokowi, PBHI Bikin Petisi Desak Ketua MK Anwar Usman Mundur

Pernikahan Ketua MK Anwar Usman dan Idayati yang merupakan adik Presiden Jokowi. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Desakan mundur untuk Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman kembali bergema. Itu terjadi karnea Anwar Usman menikahi Idayati yang merupakan adik Presiden Jokowi.

Desakan mundur berupa petisi itu digagas oleh Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia (PBHI) secara online yang meminta agar Ketua MK Anwar Usman mundur dari jabatannya.

Dalam petisinya di change.org, Ketua PBHI Julius Ibrani mengatakan Anwar Usman telah memiliki hubungan semenda (keluarga) dengan Presiden Jokowi, sehingga lebih baik mundur demi menghindari konflik kepentingan.

"Dukung dan sebar petisi #AnwarUsmanHarusMundur ya teman-teman. Jangan sampai marwah & integritas Mahkamah Konstitusi rusak karena konflik kepentingan ketuanya," kata Julius dalam petisi tersebut, Kamis (2/6/2022).

Julius juga menyinggung Pasal 17 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaan Kehakiman yang menyatakan ketua majelis hakim, hakim anggota, jaksa, maupun panitera harus mundur apabila memiliki hubungan darah, semenda, hingga derajat ketiga dengan pihak yang diadili atau advokat.

"Artinya, Anwar Usman sebagai hakim MK harus mundur dari pemeriksaan perkara pengujian undang-undang yang jumlahnya rata-rata 79 perkara setiap tahun. Belum termasuk perkara perselisihan hasil Pemilu," cetus Julius juga.

Hubungan semenda Anwar Usman dengan Jokowi juga dinilai telah melanggar Peraturan MK RI No. 09/PMK/2006 tentang Pemberlakuan Deklarasi Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi.

Hal itu berkaitan dengan prinsip independensi, ketakberpihakan, serta kepantasan dan kesopanan.
"Itu sudah jelas melanggar Etika & Perilaku Hakim MK," papar Julius juga.

Untuk diketahui, Ketua MK Anwar Usman menikah dengan adik Presiden Jokowi, Idayati yang resepsi pernikahannya digelar di Solo, Jawa Tengah, pada 26 Mei 2022 lalu. Pernikahan mereka menjadi sorotan lantaran Anwar Usman masih menjabat Ketua MK.

Desakan mundur kepada Anwar Usman juga terjadi rencana pernikahannya dengan Idayati bocor ke publik pada pertengahan Maret 2022 lalu. Semenjak itu datang kritikan agar Anwar Usman mundur dari jabatannya. 

Sementara itu, Juru bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan bahwa pernikahan Anwar Usman dan Idayati merupakan urusan pribadi. Dia enggan menanggapi kecurigaan publik terhadap independensi ke depannya.

"Pernikahan itu adalah urusan pribadi Pak Anwar Usman, sehingga saya tidak boleh berkomentar terlalu jauh menyangkut soal itu," ujarnya kepada wartawan, Selasa (22/3/2022). (tim redaksi)


#desakanmundur
#pbhi
#petisi
#mahkamahkonstitusi
#mk
#ketuamahkamahkonstitusi
#anwarusman
#idayati
#presidenjokowi

Tidak ada komentar