Breaking News

Mulai Laksa hingga Sate Bandeng, Ini Sepuluh Makanan Khas Tangerang yang Patut Dicoba

Laksa merupakan salah satu makanan khas Tangerang yang layak dicoba. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Sebagai salah satu daerah penyangga DKI Jakarta, Tangerang sejak dulu memiliki makanan kuliner yang terkenal kelezatannya. Makanan khas Tangerang ini tak kalah dengan makanan khas dari kota atau daerah lainnya. 

Tangerang memiliki berbagai macam olahan kuliner, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Tak heran jika banyak orang datang ke Tangerang untuk mencicipi beberapa makanan khas daerah tersebut. 

Untuk diketahui, Tangerang saat ini terdiri dari tiga wilayah yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang berlokasi di sebelah barat Provins DKI Jakarta, dan merupakan bagian dari provinsi Banten. 

Berikut 10 makanan khas yang menggugah selera yang berasal dari Tangerang: 

1. Laksa Tangerang

Salah satu makanan khas Tangerang adalah laksa. Laksa Tangerang ini berbentuk mie yang terbuat dari beras putih yang ditambah dengan kuah santan. Makanan berkuah warna kuning yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih. Apalagi kalau disantap bareng ayam bakar dan telur bulat rebut maka laksa Tangerang akan makin nikmat disantap. 

2. Nasi Sumsum Tangerang
Makanan khas yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dicampur dengan sumsum tulang sapi atau kerbau. Nasi lalu dibumbui dengan berbagai macam rempah dan dibungkus dengan daun pisang. Cita rasanya gurih dan lezat. Biasanya orang-orang menyantap makanan ini sebagai lauk makan siang.

3. Gecom
Mungkin bagi beberapa orang masih asing mendengar nama makanan asal Tangerang ini. Makanan unik khas Tangerang yang satu ini terbuat dari toge dan oncom (gecom). Gecom biasanya disajikan dengan tambahan kecap khusus, yaitu kecap SH yang juga dibuat khusus di Tangerang.

4. Gereng Asem
Gereng Asem terasa lebih nikmat jika disantap sebagai makan siang. Makanan berkuah yang satu ini terbuat dari daging bebek atau daging ayam yang dibumbui dengan berbagai macam rempah dan dibungkus dengan daun pisang. Rasanya gurih, asin, asam, dan pedas.

5. Bebek Sate
Bebek sate adalah makanan yang terbuat dari daging bebek yang ditusuk pada tusuk sate. Daging bebek yang dicampur dengan berbagai macam bumbu memberikan cita rasa yang enak dan gurih. Anda dapat menemukan warung bebek sate di Tangerang dengan mudah.

6. Pindang Bandeng
Siapa yang tidak kenal dengan Bandeng? Bandeng adalah salah satu ikan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Pindang bandeng sendiri merupakan olahan ikan bandeng yang dimasak berkuah dengan cita rasa asam manis.

7. Sayur Besan
Sayur besan dapat Anda temukan di banyak warung makan yang ada di Tangerang. Makanan ini memiliki ciri berkuah dengan isian sayur dan sangat nikmat saat disantap. 

8. Sate Bandeng
Sate Bandeng khas Tangerang dibuat dengan teknik khusus sehingga menghasilkan rasa yang khas dan lezat dan sangat empuk saat disantap.

9. Kue Apem
Makanan ringan yang satu ini sudah cukup terkenal. Terutama warga yang tinggal di Tangerang dan sekitarnya pasti kenal dengan kue Apem. Kue Apem memiliki cita rasa yang legit dan manis dan sangat enak disantap di pagi hari bareng kopi panas. 

10. Emping Menes
Emping menes yang berasal dari Tangerang memiliki rasa dan aroma yang khas. Emping ini banyak dijual di daerah Tangerang dekat dengan Serang. Karena itu, emping Menes cocok dijadikan oleh-oleh bagi warga yang datang dari luar kota. (tim redaksi)


#makanankhas
#tangerang
#makananunik
#cirikhasdaerah
#cocokuntukoleholeh
#kotatangerang
#kabupatentangerang
#kotatangsel

Tidak ada komentar