Breaking News

Mulai 1 Juli 2022 Pembelian Pertalite Wajib Pakai Aplikasi

Pertalite. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pembelian bahan bakar Pertalite akan dibatasi mulai 1 Juli 2022. Pembeli Pertalite diwajibkan untuk mendaftar ke website MyPertamina atau aplikasi MyPertamina untuk melakukan pembelian. 

Jika konsumen belum mendaftar, mereka tidak bisa membeli BBM Pertalite. Petugas bakal mengarahkan konsumen untuk membeli BBM produk yang lain seperti Pertamax. 

Teknisnya nanti, setelah registrasi maka operator SPBU akan melihat apakah kendaraan tersebut sudah terdata di MyPertamina. Jika sudah, maka diperbolehkan mengisi BBM Pertalite oleh operator. 

Pihak Pertamina juga menyiapkan sistem digitalisasi di SPBU mereka. Di mana kendaraan-kendaraan yang sudah terdaftar dalam MyPertamina akan masuk ke dalam sistem. 

SPBU juga akan memakai Electronic Data Capture (EDC) untuk mengecek nomor kendaraan atau konsumen yang memakai sistem barcode. Setelah di-scan, data nomor polisi kendaraan yang boleh membeli BBM Pertalite akan keluar.

Saat ini, Pertamina masih mengkaji kriteria kendaraan yang tidak diperbolehkan membeli Pertalite dan Solar Subsidi. Sistem yang digunakan aplikasi MyPertamina akan mirip dengan cara kerja aplikasi PeduliLindungi yang selama ini sudah diterapkan dalam mencegah penyebaran kasus COVID-19. 

Meski, memang ada kendala misalnya ketersediaan jaringan di pelosok atau mereka yang tidak memiliki smartphone (bisa memasukkan nomor polisi secara manual). Meski pendaftaran baru efektif dibuka 1 Juli 2022, ada baiknya konsumen BBM Pertalite memahami dulu cara dan syarat untuk melakukan pendaftaran. 

Implementasi bertahap

Implementasi pembatasan BBM Pertalite ini dilakukan secara bertahap. Melansir dari website MyPertamina, berikut daftar implementasi tahap 1: 

1. Kota Bukit Tinggi 
2. Kab. Agam 
3. Kota Padang Panjang 
4. Kab. Tanah Datar 
5. Kota Banjarmasin 
6. Kota Bandung 
7. Kota Tasikmalaya 
8. Kab. Ciamis 
9. Kota Manado 
10. Kota Jogjakarta 
11. Kota Sukabumi 

Konsumen yang berada di wilayah implementasi tahap 1 atau yang sering berpergian ke lokasi tahap 1 menjadi prioritas pertama yang melakukan pendaftaran.

Cara pendaftaran

1. Pendaftaran bisa dilakukan di aplikasi MyPertamina, atau website https://subsiditepat.mypertamina.id/

2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya 

3. Buka website subsiditepat.mypertamina.id 

4. Centang informasi memahami persyaratan 

5. Klik daftar sekarang 

6. Ikuti instruksi dalam website tersebut 

7. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala 

8. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. (tim redaksi)

#aplikasimypertamina
#pertalite
#wajibdownloadaplikasi
#belipertalitedenganaplikasi
#daftaronline
#pertamina
#qrcode

Tidak ada komentar