Breaking News

Misi Perdamaian Presiden Jokowi ke Ukraina dan Rusia Didampingi 39 Pasukan Elit, Intip Profil Singkat Pasukan Khusus RI

Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa/ Dok.Setpres

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa misi perdamaian dalam kunjungan ke Ukraina dan Rusia. Meski masih dalam suasana perang, Jokowi akan melakukan pertemuan dengan presiden Zelensky.

Pertemuan Jokowi dengan Zelensky akan dihelat setelah Jokowi hadir dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman pada 26-28 Juni 2022. Selain melakukan pertemuan dengan Zelensky, presiden Jokowi juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Terkait kunjungan Presiden ke Ibu Kota Ukraina, sejumlah persiapan sudah disiapkan. Sebagai bentuk perlindungan penuh terhadap simbol negara RI, Jokowi dikawal pasukan elit dalam pertemuan tersebut.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Jenderal TNI Tri Budi Utomo mengaku telah mempersiapkan secara matang. Ia memastikan Jokowi akan dikawal oleh 39 personel khusus yang berasal dari berbagai matra. 

Mulai dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Detasemen Jalamangkara (Denjaka), hingga Korps Pasukan Khas (Paskhas). "Alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir, karena Paspampres ini ada dari Kopassus, ada dari Denjaka, ada dari Paskhas. Alhamdulillah kita percaya diri," kata Tri, dikutip Senin (27/6/2022).

Adapun dari 39 personel yang mengawal Jokowi, 10 personel bertugas sebagai tim penyelamat, 10 personel lainnya berperan sebagai tim advance yang lebih dulu memonitor kondisi Ukraina dan Rusia. Sedangkan 19 lainnya adalah tim yang terus melekat dengan Jokowi.

Selain membawa anggota pasukan elit TNI, Paspampres juga dibekali dengan senjata laras panjang. Paspampres juga dibolehkan memilki amunisi tidak terbatas selama proses pengawalan Presiden Jokowi.

Prajurit-prajurit yang bergabung dengan pasukan khusus ke Kiev ini telah dilatih khusus. Mereka juga sudah menjalani latihan penyelamatan khusus untuk kepentingan Presiden Jokowi selama di Ukraina dan Rusia.

Seperti diketahui, Kopassus adalah pasukan elit TNI AD, Denjaka merupakan pasukan elit TNI AL, dan Paskhas (saat ini Kopasgat) adalah pasukan elit di bawah komando TNI AU. Kualitas unggul para anggota pasukan elit TNI tidak perlu dipertanyakan lagi.

Semua prajurit Kopassus, Denjaka, dan  Kopasgat adalah prajurit pilihan yang sudah menjalani seleksi dan proses diklat yang sangat ketat. Masing-masing pasukan elit ini juga memilki kemampuan unggul di bidang yang berbeda-beda, sehingga bisa melindungi ancaman dari berbagai sisi.

Kopasgat TNI AU

Kopasgat TNI AU sebelumnya juga pernah dikirim ke Ukraina untuk mengevakuasi warga Indonesia yang berada di sana. Pasukan khusus yang terkenal dengan sebutan 'Baret Jingga' ini memiliki kemampuan yang mumpuni dan telah ditempa untuk bisa menyelesaikan misi di tiga matra, yakni darat, laut, dan udara.

Aksi Kopasgat dalam mengevakuasi WNI di Ukraina berjalan sukses dan mendapat apresiasi dari media-media asing.

Denjaka "Si Hantu Laut) TNI AL

Sementara itu, Denjaka "Si Hantu Laut" merupakan pasukan elit paling kuat yang dimilki TNI AL. Denjaka sendiri beranggotakan prajurit pilihan dari Kopaska dan Yontaifib. Bisa dibilang, Denjaka adalah yang terbaik dari yang terbaik di pasukan TNI AL. 

Kopassus TNI AD

Kopassus juga menguasai seni bela diri tangan kosong yang sangat berguna dalam situasi darurat. Prajurit Kopassus dari TNI AD digembleng habis-habisan demi bisa menyelesaikan misi-misi berbahaya.

Dengan hadirnya tiga pasukan elit TNI tersebut, diharapkan keamanan Presiden Jokowi selama kunjungan perdamaian ke Ukraina dan Rusia berjalan lancar. 

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Indonesia Maju Pramono Anung yang ikut mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam lawatannya ke sejumlah negara di Eropa, khususnya Ukraina dan Rusia juga sempat mengunggah status di media sosial.

Sebelum keberangkatannya pada Minggu (26/6/2022), Pramono tampak berfoto bersama dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam sebuah kendaraan mobil. Hal tersebut seperti yang ia posting dalam akun instagramnya @pramonoanungw.

"Bersama Mensesneg Prof Pratikno, Panglima TNI, Kapolri dan staff khusus Presiden @dwipayanaari sebelum berangkat ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan UAE.. perjalanan bersejarah #bismillah #perjalananbersejarah #misiperdamaian," tulis Pramono Anung, dikutip Senin (27/6/2022). (tim redaksi)

#pasukanelittni
#presidenjokowidodo
#presidenjokowi
#jokowi
#misiperdamaian
#lawatankeurkainadanrusia
#kunjunganperdamaian
#denjaka
#kopasgat
#kopassus

Tidak ada komentar