Breaking News

Meski Nikmat, tapi Empat Minuman yang Bisa Meningkatkan Gula Darah

Ilustrasi jus buah bisa jadi tak sehat bila terlalu banyak gula. Foto: Pixabay/balt

WELFARE.id-Bila Anda mempunyai masalah pada glukosa darah, lakukan apa pun untuk menjaganya tetap rendah. Banyak cara bisa dilakukan untuk menjaga glukosa darah, dari berolahraga hingga memperhatikan makanan dan minuman. 

Seperti dilansir dari eatthis pada Sabtu (18/6/2022), yang Anda tidak ketahui ada minuman tertentu yang dikonsumsi yang dianggap sehat tapi sebenarnya merusak gula darah di tubuh. Berikut empat minuman yang meningkatkan gula darah yaitu:

1. Jus Segar
Bisakah jus segar menjadi sehat dan penuh nutrisi?  ya tapi jika lebih banyak buah daripada sayuran, apakah bisa menyebabkan lonjakan gula darah?  tentu saja. Karena jus segar yang diperas dari buah, membuat kehilangan serat, yang dapat membantu memperlambat pencernaan.

Jus buah dapat menyebabkan lonjakan gula darah, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.  Ini juga akan mendatangkan lebih banyak malapetaka jika dikonsumsi dengan karbohidrat lain atau tanpa protein.

2. Minum Kopi dengan Gula 
Kopi biasa baik-baik saja. Bahkan sesendok gula dalam kopi masih baik. Namun, banyak minuman kopi mewah yang sarat dengan gula. Seperti sirup, yang berkontribusi pada lonjakan gula darah. 

Banyak orang minum kopi ini di pagi hari atau sebagai camilan.  Sebaliknya, pilih untuk memulai pagi Anda dengan kopi biasa. Kopi hitam dapat membantu mencegah beberapa penyakit seperti diabetes tipe 2, kanker, penyakit hati dan penyakit jantung.

3. Smoothie Dingin 
Berhati-hatilah saat Anda menyesap smoothie. Meski rasanya nikmat tapi bisa datang dengan beberapa efek negatif. Smoothies bisa menjadi cara yang fantastis, kaya nutrisi untuk menghindari hidrasi, berfungsi sebagai pengganti makanan atau bahkan membantu Anda mengisi bahan bakar setelah berolahraga.

Tetapi awas timbunan gula dalam minuman ini. Idealnya ini adalah smoothie yang dibuat dari rumah.

Smoothie dengan susu sapi, yogurt yunani, buah, sayuran dan bahkan mentega kacang menyediakan protein karena merupakan nutrisi dan serat tanpa tambahan gula.
Banyak smoothie yang dijual di toko atau yang dibeli dari toko smoothie, memiliki tambahan gula. Sedangkan smoothie rendah protein, ini bisa dengan cepat berkontribusi pada lonjakan gula darah.

4. Koktail Beku
Saat mencari minuman untuk mendinginkan tubuh saat cuaca hangat, minuman ini mungkin bukan pilihan terbaik Anda. Saat berada di pantai, kolam renang, atau sekadar bersantai di teras, koktail yang enak, mojito, atau minuman beku mungkin terdengar menyenangkan.

Tetapi perhatikan berapa banyak gula yang mungkin terkandung dalam minuman ini. Banyak dari minuman campuran ini memiliki banyak tambahan gula, campuran, madu, agave nektar dan sejenisnya yang bisa meningkatkan kadar gula darah. (tim redaksi)


#kesehatan
#guladarah
#makanansehat
#tipskesehatan
#glukosa
#buah-buahan

Tidak ada komentar