Breaking News

Meriah, Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth Dirayakan Senegara

Ratu Elizabeth. Foto: Istimewa/ AFP

WELFARE.id-Ratu Elizabeth merayakan Platinum Jubilee dengan acara yang berlangsung selama empat hari mulai Kamis (2/6/2022) waktu setempat. Ini adalah perayaan 70 tahun dia bertahta sebagai pemimpin kerajaan Inggris.

Sebagai informasi, Ratu Elizabeth merupakan pemimpin terlama di kerajaan Inggris. Melansir Reuters, Jumat (3/6/2022), Ratu Elizabeth dinobatkan sebagai pemimpin terlama Inggris pada 9 September 2015. 

Kala itu, ia berhasil melewati waktu kekuasaan Ratu Victoria, yang diketahui berlangsung selama 63 tahun. Kini, Ratu Elizabeth berusia 96 tahun dan telah berkuasa selama 70 tahun.

Elizabeth naik takhta pada usia 25 tahun. Ia menggantikan ayahnya, George VI, yang meninggal dunia pada 6 Februari 1952. Selama kekuasaannya, Elizabeth telah ditemani 14 perdana menteri. Ia juga bertemu dengan 14 presiden Amerika Serikat.

Elizabeth menikah dengan Letnan Philip Mountbatten, pangeran Yunani di Gereja Westminster Abbey, London, pada 20 November 1947. Pasangan ini memiliki empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Pangeran Philip meninggal dunia pada April 2021 di umur 99 tahun. Perayaan Platinum Jubilee dirayakan oleh seluruh masyarakat Inggris.

Para pendukung Ratu Elizabeth berkumpul di luar Istana Buckingham. Mereka mengibarkan bendera Kerajaan Inggris. Kegiatan perayaan itu diawali parade militer dari kerajaan Inggris.

Boneka Barbie berwajah Ratu Elizabeth

Untuk merayakan Platinum Jubilee, boneka Barbie yang terkenal dengan karakter ikonik itu memilih Ratu Elizabeth sebagai inspirasinya. Penguasa Inggris tersebut dipilih dalam rangka merayakan ulang tahun ke-96 dan Platinum Jubilee yang menandai 70 tahun di atas takhta.

Melansir People, Jumat (3/6/2022), boneka Barbie Ratu Elizabeth II memakai gaun gading elegan dengan pita biru sebagai aksesoris selempang. Ansambel agungnya dilengkapi tiara indah yang merujuk Tiara Fringe Ratu Mary. 

Penampilan mengagumkan itu dikenakan Ratu Elizabeth II untuk pernikahannya dengan Pangeran Philip. Sejarawan dan penulis Our Queen Elizabeth, Profesor Kate Williams menilai pemilihan Ratu Elizabeth II sebagai inspirasi ikon boneka Barbie cukup beralasan.

Pasalnya, Ratu telah menjadi salah satu wanita paling berdampak, memegang posisi yang hanya dimiliki sedikit wanita, menjadi pemimpin Inggris yang paling lama memerintah, dan yang pertama mencapai Platinum Jubilee. 

"Ratu telah mendedikasikan dirinya untuk pelayanan dan tugas, serta melihat dunia berubah tidak terkira. Pada 1952, ketika naik takhta, wanita tidak didorong untuk bekerja dan politisi menyatakan keraguan tentang seorang penguasa wanita muda, tapi ia membuktikan mereka salah," kata Kate Williams.

Williams menambahkan, ibu dari Pangeran Charles itu telah membuktikan dirinya seorang pemimpin dan diplomat yang mahir. (tim redaksi)

#perayaanplatinumjubilee
#ratuelizabeth
#ratuinggris
#bonekabarbie
#kerajaaninggris
#pangerancharles
#pemimpinkerajaaninggristerlama
#perayaan70tahunnaiktahta

Tidak ada komentar