Breaking News

Menang Gugatan, Sidang Kabulkan Semua Tuntutan Johnny Depp

Aktor senior Johnny Depp. Foto: Istimewa/ Indiwire/ Rising Geeks

WELFARE.id-Penantian dan sidang panjang Johnny Depp vs Amber Heard menemukan titik klimaks. Serangan balik Depp terhadap mantan istrinya Heard telak.

Setelah dicemarkan nama baiknya dan dicap sebagai pelaku Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) selama bertahun-tahun usai publikasi Heard di kolom Washington Post, Depp akhirnya mendapatkan keadilan. Johnny Depp diputus menang atas sidang pencemaran nama baik yang dimulai sejak bulan lalu itu.

Depp berhak mendapatkan ganti rugi USD10,35 juta atau setara dengan Rp150,6 miliar (USD1=Rp14.555) setelah diputuskan memenangkan gugatan pencemaran nama baik atas Amber Heard. 

Melansir People, Kamis (2/6/2022), Depp sebenarnya diputuskan mendapatkan ganti rugi sebesar USD15 juta atau Rp218 miliar, namun Amber Heard hanya diminta membayar USD10,35 juta karena batasan ganti rugi yang berlaku sesuai hukum Virginia.

Juri memutuskan Depp memenangkan seluruh tiga klaim pencemaran nama baik dalam kasusnya melawan mantan istrinya itu. Meski begitu, Depp juga dianggap terbukti mencemarkan nama baik Amber Heard dalam satu klaim dari tiga yang disebut oleh Amber Heard dalam gugatan balik.

Atas keputusan tersebut, juri meminta Johnny Depp membayar ganti rugi kepada Amber Heard sebesar USD2 juta atau setara dengan Rp29 miliar. Keputusan ini datang setelah juri berunding selama 12 jam di balik ruangan tertutup dan diumumkan dalam persidangan pada Rabu (1/6/2022) sore.

Sebelumnya persidangan kembali digelar pada Selasa (31/5/2022) pagi dengan sejumlah agenda persidangan dan juri meminta tambahan waktu untuk diskusi. Depp mengaku menyambut baik putusan dari kasus pencemaran nama baik atas tuduhan kekerasan dalam rumah tangga yang diperebutkan antara dia dan mantan istrinya Amber Heard.

"Juri memberi saya kehidupan kembali," kata Depp dalam sebuah pernyataan setelah juri memberinya ganti rugi USD15 juta dan hanya USD2 juta untuk Heard. Sejak awal, pemeran Jack Sparrow dalam film Disney fenomenal "Pirates of the Caribbean itu bertujuan untuk mengungkap kebenaran, terlepas dari hasilnya.

Sedangkan Heard dalam postingan terbaru Instagramnya menyebut bahwa kekalahannya itu sebagai bentuk kemunduran bagi perjuangan perempuan melawan KDRT. Sebatas informasi, Persidangan ini telah dimulai sejak 11 April. 

Depp menggugat Amber Heard sebesar USD50 juta karena dianggap telah mencoreng namanya dan membuat ia didepak dari banyak proyek, termasuk "Pirates of the Caribbean".

Depp sendiri mendaftarkan gugatan itu pada 2019 dan mestinya mulai sidang pada 2020. Namun karena pandemi, tertunda hingga akhirnya dimulai pada 11 April 2022. (tim redaksi)

#johnnydepp
#amberheard
#sidangpencemarannamabaik
#johnnydeppvsamberheard
#piratesofthecaribbean
#jacksparrow
#kdrt

Tidak ada komentar