Breaking News

Mantan Gerilyawan Gustavo Petro Menangi Pemilu Kolombia

Gustavo Petro, Presiden baru Kolombia. Foto : reuters

WELFARE.id-Gustavo Petro, 62, mantan anggota gerakan gerilyawan M-19 yang berhaluan kiri, memenangi pemilihan presiden (Pilpres) Kolombia pada hari Minggu (19/6/2022) waktu setempat. 

Petro mengalahkan raja konstruksi Rodolfo Hernandez dengan selisih yang mengejutkan, sekitar 716.890 suara. Padahal, keduanya sempat diposisikan seimbang dalam hasil survei pilpres Kolombia. Dia memenangi 50,5 persen, dan Hernandez 47,3 persen 

Petro sebelumnya merupakan mantan wali kota Bogota dan senator saat ini. Dalam kampanyenya, ia berjanji untuk memerangi ketidaksetaraan dengan pendidikan universitas gratis, reformasi pensiun dan pajak yang tinggi atas tanah yang tidak produktif. 

Proposal Petro, terutama larangan proyek minyak baru, telah mengejutkan beberapa investor, meskipun ia telah berjanji untuk menghormati kontrak saat ini. 

Salah seorang pendukung Gustavo Petro, Alejandro Forero, 40, yang menggunakan kursi roda, menangis saat hasil bergulir di perayaan kemenangan Gustavo Petro di Bogota. 

“Akhirnya, terima kasih Tuhan. Saya tahu dia akan menjadi presiden yang baik dan dia akan membantu kita yang paling tidak beruntung. Ini akan berubah menjadi lebih baik, ”kata Forero, yang kini menganggur. 

Kampanye ini adalah pencalonan presiden ketiga Petro dan kemenangannya menambah negara Andes itu ke dalam daftar negara-negara Amerika Latin yang telah memilih kaum progresif dalam beberapa tahun terakhir 

Petro mengatakan, dia pernah disiksa oleh militer ketika dia ditahan karena keterlibatannya dengan gerilyawan, dan kemenangannya ini akan membuat pejabat tinggi angkatan bersenjata siap-siap untuk dirombak. 

Calon wakil presiden Petro, Francia Marquez, seorang ibu tunggal dan mantan pembantu rumah tangga, akan menjadi wakil presiden wanita Afro-Kolombia pertama di negara itu. 

Petro juga telah berjanji untuk sepenuhnya menerapkan kesepakatan damai 2016 dengan pemberontak FARC dan mencari pembicaraan dengan gerilyawan ELN yang masih aktif. (tim redaksi

#pemilu
#pemilukolombia
#presidenkolombia
#gustavopetro
#presidengustavopetro

Tidak ada komentar