Breaking News

Lima Mobil Listrik Baru Masuk Indonesia 2022, Mini Elektrik Diluncurkan Bulan Ini

Mini Electric, mobil listrik produksi Mini Cooper salah satu mobil listrik yang tidak lama lagi diluncurkan di Tanah Air. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Keseriusan Pemerintah Indonesia memulai era elektrifikasi kendaraan bermotor mendapat sambutan baik dari berbagai produsen otomotif. Apalagi, Indonesia memiliki penduduk nomor empat di dunia yang bisa jadi pasar kendaraan listrik. 

Salah satunya adalah Mini Cooper Indonesia yang akan segera meluncurkan kendaraan listrik pertama untuk pasar Tanah Air yakni Mini Electric. Rencananya, Mini Electric diluncurkan secara offline pada Rabu (8/6/2022) di Atrium, PIK Avenue, Jakarta Utara. 

Untuk diketahui, mobil listrik Mini Cooper ini sudah lebih dulu meluncur di pasar Amerika Serikat dalam 3 varian yang tersedia. Mini Listrik menggunakan motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 181 dk dan torsi puncak hingga 270 Nm.

Kombinasi tersebut mampu menggerakan mobil dari 0 hingga 100 km per jam dalam waktu 6,9 detik, dengan kecepatan tertinggi 150 km per jam. Mini Electric dibekali dengan baterai berukuran 32,5 kWh, yang bisa diisi hingga penuh dengan waktu 4 jam di rumah. Dalam kondisi baterai penuh, mobil bisa menempuh jarak hingga 270 kilometer.

Sebelumnya, sejumlah mobil listrik telah dipasarkan di Indonesia selama 2022 ini. Hyundai Ioniq kembali meluncurkan mobil listrik generasi terbaru. Sebelumnya, Hyundai sukses dengan penjualan mobil-mobil listrik edisi sebelumnya.

Kali ini, Hyundai kembali meluncurkan mobil listrik bernama Hyundai Ioniq 5. Mobil ini meluncur di Indonesia pada Kamis, 31 Maret 2022. Ioniq hadir dengan dua tipe penggerak roda, yaitu 2WD dan AWD. 

Untuk 2WD, tenaganya berkisar di angka 216 PS dengan torsi maksimum 350 Nm. Sedangkan untuk AWD, tenaganya di angka 209 PS dengan torsi maksimum 350 Nm.

Kedua mobil ini menggunakan polimer lithium-ion 72,6 kWh sebagai motornya. Satu kali pengisian 2WD memiliki jangkauan 451 km, sedangkan AWD memiliki jangkauan 430 km.

BMW juga berencana meluncurkan mobil listrik terbaru pada 2022, yaitu BMW iX dan i4. Di antara dua jenis ini, BMW iX diprediksi akan menjadi primadona, karena desan\innya futuristik dan masuk segmen SUV yang masih diminati di Indonesia.

Sedangkan untuk i4, mobil ini merupakan generasi penerus dari i3, dengan fitur yang mumpuni. Airbag untuk penumpang hadir di setiap sisi interior, ditambah kontrol traki, kontrol stabilitas, dan side impact beam. Unsur sistem keamanan sangat diperhatikan betul di BMW i4 ini. 

Wuling Motors juga akan meluncurkan mobil listrik di Tanah Air pada 2022. Dalam acara pre-launch bertajuk Electrify Your World, pabrikan mobil asal Tiongkok itu telah menunjukkan desain eksterior kendaraan ramah lingkungan ini, di Laguna Atrium Central Park, Jakarta Barat, Rabu (1/6/2022).

Penampikan wujud mobil listriknya ini, sekaligus untuk mewujudkan komitmen percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia. Mobil listrik yang akan segera dipasarkan di Indonesia ini mengaplikasikan bahasa desain future-tech yang memadukan sentuhan masa depan dan teknologi bernama Wuling-EV. (tim redaksi)


#mobillistrik
#kendaraanlistrik
#elektrifikasikendaraan
#mobilbaru
#meluncur2022
#pasarindonesia
#kendaraanhematenergi

Tidak ada komentar