Breaking News

Kunjungan Kenegaraan Pertama ke Luar Negeri, Jokowi Sambut Kedatangan PM Australia

Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan PM Australia Anthony Albanese di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022). Foto: Istana Kepresidenan

WELFARE.id-Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri (PM) Australia yang baru, Anthony Albanese disambut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Senin (6/6/2022).

Dalam menyambut orang nomor satu dari Australia itu, Presiden Jokowi mengenakan jas hitam. Kedatangan PM Albanese di Istana Kepresidenan Bogor ini disambut pasukan yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia dan juga pasukan berkuda. 

Acara kenegaraan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi serta sesi foto bersama dan penandatanganan buku tamu di Ruang Teratai Istana Kepresidenan Bogor. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi dan PM Albanese berbincang di beranda Istana Kepresidenan Bogor. Setelah itu, Jokowi dan PM Albanese melakukan penanaman pohon kamper di halaman belakang Istana Bogor. 

Usai penanaman pohon, selanjutnya kedua pemimpin menuju restorasa di Kebun Raya Bogor dengan menggunakan sepeda kayu buatan dalam negeri, Spedagi.

Di sana, keduanya melakukan pertemuan tatap muka. Acara kemudian akan dilanjutkan dengan pertemuan bilateral antara pemimpin dan delegasi kedua negara. 

Dalam pertemuan ini, kedua pemimpin negara itu akan lebih fokus untuk membahas penguatan kerja sama ekonomi, termasuk implementasi perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif Indonesia-Australia.

Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan PM Albanese akan memberikan pernyataan pers bersama. Rangkaian kunjungan resmi ini nantinya akan ditutup dengan jamuan santap siang kenegaraan. 

PM Albanese tiba di Indonesia sejak Minggu (5/6/2022) dan akan kembali pada Selasa (7/6/2022) ini. Kegiatan ini merupakan kunjungan bilateral pertama bagi PM Albanese semenjak ia dilantik sebagai Perdana Menteri Australia yang ke-31, pada 23 Mei 2022 lalu. 

Tampak hadir dalam acara kenegaraan itu beberapa menteri seperti Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Dubes RI di Canberra Australia Siswo Pramono, serta Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Abdul Kadir Jailani. (tim redaksi)

#kunjungankenegaraan
#presidenjokowi
#pmaustralia
#anthonyalbanese
#perdanamenteribaru
#istanabogor
#hubunganbilateral

Tidak ada komentar