Breaking News

Korsel dan AS Tembakkan 8 Rudal Balistik, Pembalasan Uji Coba Korut

Rudal. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) menembakkan delapan rudal permukaan-ke-permukaan di lepas pantai timur Korea Selatan, Senin (6/6/2022). Peluncuran rudal ini dilakukan setelah Korea Utara meluncurkan rentetan rudal balistik jarak pendek pada Minggu (5/6/2022).

"Tindakan tersebut merupakan demonstrasi kemampuan dan kesiapan untuk melakukan serangan presisi terhadap sumber peluncuran rudal Korea Utara atau pusat komando dan dukungan," melansir kantor berita Korea Selatan Yonhap, Senin (6/6/2022).

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol telah berjanji untuk mengambil tindakan yang lebih keras terhadap Korea Utara. Yoon dan Presiden AS Joe Biden sepakat untuk meningkatkan latihan militer bersama dan tindakan pencegahan.

Seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengkonfirmasi delapan Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat (ATACMS) telah ditembakkan. Rudal balistik jarak pendek Korea Utara, yang ditembakkan ke arah laut di lepas pantai timur, merupakan uji coba tunggal terbesarnya. 

Penembakan rudal dilakukan sehari setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat mengakhiri latihan militer bersama. Latihan bersama militer Korea Selatan dan AS melibatkan kapal induk Amerika untuk pertama kalinya dalam lebih dari empat tahun.  

Jepang dan Amerika Serikat juga melakukan latihan militer bersama, sebagai tanggapan atas uji coba rudal Korea Utara. Korea Utara mengkritik latihan militer bersama tersebut sebagai contoh dari "kebijakan bermusuhan" Washington yang terhadap Pyongyang.

Korea Utara telah melakukan serangkaian peluncuran rudal tahun ini. Mulai dari senjata hipersonik hingga uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesar untuk pertama kalinya dalam hampir lima tahun. 

Pejabat Washington dan Seoul memperingatkan bahwa, Korea Utara sedang bersiap untuk melanjutkan uji coba senjata nuklir pertama kalinya sejak 2017. Bulan lalu, Korea Utara menembakkan tiga rudal, termasuk satu rudal ICBM, Hwasong-17. Peluncuran rudal dilakukan pada akhir kunjungan Biden di Asia. (tim redaksi)

#rudalbalistik
#presidenkorsel
#yoonsukyeol
#koreutara
#koreaselatan
#amerikaserikat
#latihanmiliter
#peluncuranrudal

Tidak ada komentar