Breaking News

Kena Batasan Usia di Atas 65 Tahun, 231 Calon Jemaah Haji Lansia dari Kepri Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah haji lansia. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Semenjak pandemi COVID-19, baru tahun ini calon jemaah haji Indonesia bisa kembali menginjakkan kaki ke Arab Saudi. Namun, ada sejumlah persyaratan yang harus dilalui sebelum diperbolehkan berangkat.

Salah satunya, batasan usia. Karena COVID-19 masih ada,  maka pemerintah Arab Saudi mengisyaratkan hanya calon jemaah yang berusia dibawah 65 tahun yang diperbolehkan menginjakkan kaki ke Tanah Suci. Akibatnya, Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau, gagal memberangkatkan 231 dari 589 jamaah calon haji setempat.

Mereka dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji tahun 2022/1443 Hijriah karena berusia di atas 65 tahun. "Yang jelas total awal jamaah calon haji Kepri itu 589, dari 589 itu usia di atas 65 tahun sebanyak 231 orang. Otomatis nomor yang di bawah naik, artinya nomor-nomor tersebut usianya di bawah 65 tahun," kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara kepada wartawan, Sabtu (4/6/2022).

Ia menambahkan, calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini, kata Edi, mereka akan mengisi kuota keberangkatan tahun depan. "Mudah-mudahan akan berangkat tahun depan, jadi kebijakan usia itu penetapan dari Pemerintah Arab Saudi," tegasnya.

Sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau mengatakan sebanyak 446 jamaah calon haji asal Kepri diberangkatkan dalam kloter (kelompok terbang) pertama dari embarkasi Batam dalam haji 2022. "Kepri kloter satu, jumlahnya ada 446 jamaah calon haji, ditambah 4 orang petugas," kata Kepala Kemenag Kepri Mahbub.

Ia menjelaskan, calon jemaah haji asal Kepri akan memasuki asrama haji pada tanggal 14 Juni 2022 dan akan berangkat menuju Madinah pada tanggal 15 Juni 2022. "Tanggal 14 Juni jemaah calon haji kita masuk asrama haji dan tanggal 15 Juni terbang pada sore hari," tutupnya. (tim redaksi)

#calonjemaahhajiasalkepri
#batalberangkat
#kenabatasanusia
#lanjutusia
#syaratpemerintaharabsaudi
#musimhaji2022
#ibadahhaji2022

Tidak ada komentar