Breaking News

Kaum Rebahan Mesti Tahu, Ternyata Pilihan Kasur Pengaruhi Kesehatan lho!

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id-Tidur merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap orang. Ketika tidur, tubuh kita beristirahat kemudian mengisi ulang tenaga yang telah terpakai untuk siap beraktivitas keesokan harinya. Waktu tidur yang berkualitas merupakan kunci agar dapat bangun segar dipagi hari. 

Menjaga kesehatan dengan memenuhi kebutuhan akan tidur berkualitas bisa dimulai dengan berbagai cara, salah satunya dari hal sederhana seperti memilih kasur tidur. Tak banyak yang tahu, bahwa walaupun terkesan simple, tetapi pemilihan kasur yang baik dan benar memiliki efek jangka panjang bagi kesehatan. 

Kasur merupakan alas dimana kita meletakkan tubuh untuk beristirahat, sehingga kasur merupakan penentu kenyamanan ketika tidur. Harganya yang relatif mahal membuat banyak orang tidak menggantinya bahkan setelah digunakan puluhan tahun. 

Seperti produk lainnya, kasur juga memiliki umur simpan. Seperti dikutip dari laman Sleep Advisor, rata-rata kasur bisa mempertahankan performa terbaiknya dalam kurun waktu 5 hingga 7 tahun. 

Idealnya, hampir sepertiga waktu kita dihabiskan untuk tidur, sehingga penting memilih kasur yang sesuai baik dari jenis kasur, bahan serta ukuran untuk menunjang kualitas tidur sekaligus menjaga kesehatan tubuh. 

Jangan sampai aktivitas tidur malah memberi dampak negatif bagi kesehatan karena pemilihan kasur yang salah. Berikut 3 manfaat bagi kesehatan tubuh dari pemilihan kasur yang tepat: 

1. Tidur lebih nyenyak 

Tidur dikatakan nyenyak apabila ketika tidur kita merasa nyaman sehingga tidak terbangun ditengah malam. Kenyamanan ketika tidur sangat bergantung pada bahan dan jenis kasur yang dipilih. Hal penting untuk diperhatikan adalah memilih kasur dengan kelembutan yang pas dengan tubuh penggunanya ketika ditiduri. 

Kasur dengan permukaan lembut akan menimbulkan kenyamanan ketika berbaring di atasnya sehingga tidur lebih nyenyak. Bagi yang memiliki kulit sensitif terhadap permukaan yang kasar, direkomendasikan memilih kasur dengan lapisan tambahan pada atasnya. Untuk menambah tidur lebih nyenyak, pilih kasur dengan sirkulasi udara didalamnya. Sehingga ketika kita berbaring tanpa berpindah posisi dalam durasi yang lama badan kita tidak merasa kepanasan. 

2. Menghilangkan stress 

Menggunakan kasur yang nyaman untuk tidur mampu meredakan stress setelah seharian beraktivitas. Jika kasur kita nyaman maka tubuh akan merasa rileks saat berbaring, saat itulah pikiran dan tubuh kita melepaskan semua stress dalam diri dan beristirahat. Sebaliknya jika mulai merasa tidak nyaman dengan sering membolak-balikkan tubuh di atas kasur maka tandanya kalian memilih kasur yang salah atau sudah saatnya mengganti dengan yang baru. 

Jika membiarkan ketidaknyamanan tersebut berlanjut akhirnya menimbulkan tidur malam yang buruk karena tubuh merasa lelah dan tidak bisa sepenuhnya rileks beristirahat. Beberapa tanda bahwa kasur perlu diganti adalah adanya per yang menonjol, lapisan yang mulai menipis hingga berlubang. 

3. Menjaga postur tubuh 

Kasur menyangga seluruh postur tubuh ketika tidur, terutama tubuh bagian belakang. Tulang belakang merupakan bagian yang paling terkena dampaknya apabila salah memilih kasur. Pilihlah kasur yang membuat badan tidak terasa nyeri dan pegal ketika bangun tidur. Hindari memilih kasur yang terlalu empuk hingga membuat tubuh dapat tenggelam di dalamnya. 

Kasur dengan karakter padat dan rata direkomendasikan karena dapat menjaga postur tulang belakang tetap lurus sepanjang malam. Diantara berbagai pilihan jenis kasur, kasur dengan bahan memory foam dianggap sesuai bagi yang mempunya masalah punggung. Jangan ragu untuk merogoh kocek sedikit dalam ketika memilih kasur yang mampu berkontribusi untuk membentuk postur tubuh yang lebih baik. (tim redaksi) 

#tidur
#kasur
#manfaattidur
#kesehatan
#lifestyle

Tidak ada komentar