Breaking News

Kasus Korupsi ASABRI, Kejagung Sita Rp20 Miliar dari Tersangka Edward Soeryadjaja

Kapuspenkum Kejagung, Ketut Sumedana. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Perburuan uang milik para tersangka kasus korupsi dan tindak pidana pencucian uang (TPPU) PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) 2012-2019 terus dilakukan. 

Terbaru, penyidik Kejaksaan Agung (Kejakgung) menyita aset berupa uang sebesar Rp20 miliar milik tersangka Edward Seky Soeryadjaja (ESS). ESS adalah tersangka susulan, dalam kasus yang merugikan keuangan negara Rp22,78 triliun tersebut.

”Kami lakukan penyitaan aset uang Rp20 miliar milik tersangka ESS dengan ara dilakukan transfer via bank ke atas nama Kejaksaan Republik Indonesia,” ujar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Ketut Sumedana dalam siaran persnya, Rabu (1/6/2022).

Ketut juga mengatakan transfer dilakukan hari ini, Rabu (1/6/2022) dan disetorkan oleh tim penasehat hukum tersangka. ESS, merupaka satu dari empat tersangka tambahan terkait pengungkapan kasus korupsi dan TPPU PT ASABRI yang ditangani Kejagung.

ESS merupakan mantan Direktur Utama (Dirut) PT Ortis Holding. Status tersangka ESS ditetapkan oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) pada September 2021 lalu. 

Selain itu juga, ESS saat ini berstatus sebagai terpidana penjara 15 tahun yang tengah menjalani hukuman terkait kasus korupsi dana pensiun PT Pertamina.

Selain ESS, tersangka tambahan dalam kasus korupsi PT ASABRI adalah Betty (B) yang diketahui sebagai eks Komisaris PT Sinergi Millenium Sekuritas dan Rennier Abdul Rahmat Latief (RARL) selaku Komisaris PT Sekawan Inti Pratama. 

Selain itu, B dan RARL juga terseret kasus-kasus korupsi lainnya yang juga tengah ditangani Kejagung. Nama terakhir tersangka kasus ASABRI adalah Teddy Tjokrosaputro yang ditetapkan tersangka selaku pimpinan di PT RIMO Internasional.

Sebelum menetapkan empat tersangka itu, penyidikan di Jampidsus berhasil memenjarakan tujuh dari delapan tersangka awal terkait kasus pembobolan uang negara yang nilainya fantastis tersebut. 

Para tersangka kasus korupsi ASABRI yang kasus hukumnya sudah inkrah di pengadilan adalah Heru Hidayat, Jimmy Sutopo, dan Lukman Purnomosidi. 
Tiga nama itu adalah para pengusaha. 

Empat lainnya dari jajaran direksi ASABRI, yakni Sonny Widjaja, Adam Rachmat Damiri, Hari Setianto, dan Bachtiar Effendi.

Sedangkan salah satu tersangka lainnya, Ilham Wardhana Siregar batal disidang karena dinyatakan meninggal dunia. Sementara satu tersangka pengusaha lainnya, Benny Tjokrosaputro masih menjalani persidangan kasus ini di pengadilan. (tim redaksi)

#korupsi
#asabri
#penyitaanasettersangka
#tppu
#kejaksaanagung
#kejagung
#kapuspenkumkejagung
#ketutsumedana

Tidak ada komentar