Breaking News

Kapal Wisata Tenggelam di Perairan Taman Nasional Komodo, Ibu dan Anak Meninggal Dunia

Proses evakuasi kapal tenggelam di Labuan Bajo. Foto : ist

WELFARE.id-Kapal wisata KLM Tiana Liveboard tenggelam di perairan wilayah Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa pagi, (28/6/2022). 

Dalam peristiwa itu, dua orang wisatawan dikabarkan meninggal dan 1 orang mengalami luka berat. "Korban ada tiga, dua meninggal dan seorang luka berat. Kejadian terjadi pada pukul 05.00 Wita," kata Kepala POS SAR Labuan Bajo, Edi di Dermaga Nusantara Labuan Bajo, dikutip Rabu (29/7/2022). 

Edi menjelaskan, korban meninggal atas nama Jamiatun Widaningsih (53) ditemukan pada pukul 06.00, dan Annisa Fitriani (22) ditemukan pada pukul 10.00 Wita di dalam kabin. 

Dua korban meninggal tersebut telah dievakuasi ke RSUD Komodo Labuan Bajo, sementara seorang korban luka berat dibawa ke RS Siloam Labuan Bajo. 

Berdasarkan informasi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Lalu Wahyu Efendi mengatakan insiden kapal tenggelam bermula saat Kapal Wisata Tiana berangkat dari labuan Bajo menuju Pulau Padar pada Selasa (28/6/2022) pukul 05.30 WITA. 

Saat tiba di perairan Pulau Kambing Kapal Wisata Tiana diterpa cuaca buruk beserta gelombang tinggi sehingga mengakibatkan kapal tenggelam. Kapal tersebut mengangkut total keseluruhan POB (Person On Board) sebanyak 24 orang. Dengan rincian 18 orang penumpang dan 6 orang ABK. 

"Kapal Wisata Andalucia kebetulan melintas di sekitar Kapal Wisata Tiana dan melaksanakan pertolongan. Total 16 penumpang dan 6 orang ABK itu berhasil diselamatkan. Dan dua (penumpang-red) ditemukan meninggal," jelasnya. 

Kapal Wisata Tiana tenggelam di Perairan Pulau Kambing dengan rute pelayaran Pelabuhan ASDP Labuan Bajo menuju Pulau Padar diperkirakan pada koordinat 08°37'28.50" S - 119°42'31.93" E dengan Radial 231.58° dan Jarak 12.62 NM dari Pos SAR Manggarai Barat. 

Dalam proses evakuasi melibatkan Tim SAR Gabungan di antaranya Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan Bajo, KPP Labuan Bajo, dan Kru ABK Andalucia. (tim redaksi) 

#kapaltenggelam
#kapaltenggelamdilabuanbajo
#labuanbajo
#kapaltenggelamdipulaukomodo
#ibudananaktewastenggelam

Tidak ada komentar