Breaking News

Kamu Perlu Tahu, Ciri Episode Manik pada Pasien Bipolar Disorder

Bipolar disorder. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Aktris Marshanda telah ditemukan setelah sebelumnya dikabarkan sempat hilang di Los Angeles, Amerika Serikat. Sebelumnya, diduga hilangnya Marshanda berkaitan dengan episode manik gangguan bipolar yang dialaminya.

Apa sebenarnya episode manik pada gangguan bipolar dan bagaimana ciri-cirinya? Jika kamu memiliki teman atau anggota keluarga yang didiagnosa bipolar disorder, kamu wajib tahu soal ini.

Gangguan bipolar sendiri merupakan masalah mental yang ditandai dengan perubahan drastis suasana hati, mulai dari depresi hingga manik. Depresi menjadi episode terendah, sementara manik menjadi episode tertinggi.

Melansir Cleveland Clinic, Rabu (29/6/2022), episode manik merupakan periode waktu di mana pasien bipolar mengalami satu atau lebih gejala. Dalam beberapa kasus, pasien tersebut mungkin perlu dirawat di rumah sakit.

"Bisa dibilang, episode manik juga merupakan suatu keadaan saat pengidap bipolar mengalami periode suasana hati yang meningkat secara tidak normal. Disertai sikap mudah tersinggung dan berenergi tinggi. Ditambah dengan perilaku abnormal yang bisa mengganggu kehidupan," jelas laman tersebut.

Selama episode manik tersebut, suasana hati penderita bipolar akan meningkat, bahkan mengalami berbagai euforia, hingga mudah marah. Episode manik bisa berlangsung mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan.

Dikutip dari WebMd, berikut ini beberapa ciri seseorang mengalami episode manik dari bipolar yang diderita:

1. Memiliki ide yang loncat-loncat;
2. Merasa tertekan;
3. Peningkatan energi, hiperaktif dan sulit tidur;
4. Citra diri meningkat;
5. Hiperseksualitas.

Bukan cuma itu, orang-orang yang mengalami episode manik juga bisa menghabiskan uang jauh melampaui kemampuan mereka, berhubungan seks dengan orang-orang yang tidak mereka inginkan, atau mengejar rencana yang muluk-muluk dan tidak realistis. Dalam episode manik yang parah, seseorang kehilangan kontak dengan kenyataan. Mereka bisa menjadi delusi dan berperilaku aneh. (tim redaksi)

#episodemanik
#bipolardisorder
#pasienbipolar
#ciriepisodemanik
#gangguanbipolar
#kesehatanmental

Tidak ada komentar